Heroik! Prajurit TNI AD Tangkap Truk Angkut Ribuan Liter Solar Bersubsidi

Senin, 27 Juni 2022 - 01:13 WIB
loading...
Heroik! Prajurit TNI AD Tangkap Truk Angkut Ribuan Liter Solar Bersubsidi
Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf. Dedy Ariyanto saat memeriksa truk yang dimodifkasi untuk diisi ribuan liter solar bersubsidi. Foto/MPI/Dharmawan Hadi
A A A
SUKABUMI - Aksi heroik dilakukan prajurit TNI AD dari Kodim 0607/Kota Sukabumi. Para prajurit tersebut, berhasil menggagalkan upaya curang pengisian solar bersubsidi di SPBU Cikembang, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (26/6/2022) malam.



Pelaku dengan sengaja memodifikasi tangki truk boks, untuk dapat mengisi solar bersubsidi hingga ribuan liter. Truk boks yang berhasil ditangkap prajurit TNI AD tersebut, bernomor polisi B 9853 BCL lengkap dengan tangki modifikasi dan ribuan liter solar bersubsidi di dalamnya.



Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf. Dedy Ariyanto mengatakan, kasus dugaan penyalahgunaan solar subsidi ini, terkuak bermula saat anggota intelijen Kodim 0607/Kota Sukabumi mendapatkan informasi dari masyarakat yang mencurigai sebuah truk boks di SPBU Cikembang.



"Truk boks di SPBU Cikembang itu mencurigakan. Setelah diselidiki lebih lanjut dan kita pantau, ternyata truk boks itu mengambil solar bersubsidi secara ilegal dengan memodifikasi tangkinya, sehingga mampu memuat ribuan liter solar bersubsidi," ujar Dedy.

Saat ini, terdapat tiga orang yang tengah dimintai keterangan di Koramil Cikembar. Tiga orang tersebut, merupakan sopir dan kendektur truk boks, dan salah satu petugas SPBU Cikembang.

Heroik! Prajurit TNI AD Tangkap Truk Angkut Ribuan Liter Solar Bersubsidi


"Pelaku sangat cerdik, mereka mengisi solar melalui tangki biasa, namun di dalamnya sudah dimodifikasi sehingga solar itu kemudian dialirkan ke tangki yang tersimpan di dalam boks truk. Ada tiga tangki di dalam boks, yang memuat 2.000 liter solar," ujar Dedy.



Saat dimintai keterangan, sopir dan kendektur mobil box itu, mengaku bahwa mereka telah beroperasi sejak April 2022. Ribuan liter solar itu, mereka beli dengan harga subsidi dari SPBU untuk dijual ke pabrik industri. "Saat ini masih kami lakukan pendataan, dan akan kami serahkan ke kepolisian," tambah Dedy.

Saat dilakukan pengembangan, ujar Dedy, petugas Kodim 0607/Kota Sukabumi, kembali menemukan kasus serupa di SPBU yang ada di wilayah Kecamatan Parungkuda. Namun, salah satu truk berhasil meloloskan diri.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)