Mengintip Seni Kaligrafi Alquran dari Arena MTQ di Bone Bolango

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:56 WIB
loading...
Mengintip Seni Kaligrafi Alquran dari Arena MTQ di Bone Bolango
Seni Kaligrafi menjadi salah satu cabang lomba yang digelar dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Gorontalo X di Kabupaten Bone Bolango.
A A A
SUWAWA - Seni Kaligrafi menjadi salah satu cabang lomba yang digelar dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Gorontalo X di Kabupaten Bone Bolango. Lomba yang dilangsungkan di SMK Negeri Suwawa melibatkan 48 peserta perwakilan dari enam kafila kabupaten dan kota se-Provinsi Gorontalo.

Mahyudin Haleda Ketua Cabang Seni Kaligrafi Alquran sekaligus Dewan Hakim mengatakan, lomba seni kaligrafi ini meliputi empat golongan, yakni penulisan naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kaligrafi kontemporer. Lomba Kaligrafi yang dimulai sejak Sabtu (24/6/2022) hingga Minggu (25/06/2022).

"Pada cabang kaligrafi ini jumlah pesertanya ada 48 peserta dari 4 golongan cabang lomba, di antaranya golongan naskah, hiasan mushaf, dan hari ini dilombakan kategori dekorasi dan kontemporer, di mana masing masing kategori lomba diikuti 12 peserta dari kabupaten/kota," katanya.

Mahyudi menjelaskan seni kaligrafi digelar selama dua hari di mana, masing-masing golongan memiliki kriteria khusus dalam penilaian. Untuk golongan naskah misalnya, lebih dikhususkan pada kaidah huruf, ragam jenis tulisan.

Sementara untuk hiasan mushaf di samping penilaianya pada kaidah huruf juga pada mushaf kemudian untuk kontemporer lebih ke seni atau oranamen yang ditampilkan. "Untuk hasil penilaian akan di plenokan oleh dewan hakim dan diumumkan saat penutupan pelaksanaan MTQ," tuturnya.

Hasil karya peserta lomba menurutnya nanti akan dibicarakan panitia dan LPTK Provinsi, disimpan atau di lelang. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)