Bulan Bung Karno, 11 Ribu Kader hingga Simpatisan PDIP di Jabar Pesta Ikan Bakar

Sabtu, 25 Juni 2022 - 22:27 WIB
loading...
Bulan Bung Karno, 11 Ribu Kader hingga Simpatisan PDIP di Jabar Pesta Ikan Bakar
Kader, pendukung, hingga simpatisan PDIP pesta ikan bakar dalam kegiatan Festival Ikan Bakar Nusantara di Kantor PDIP Jabar, Kota Bandung, Sabtu (25/6/2022). Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Sedikitnya 11.000 kader, pendukung, hingga simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) di Provinsi Jawa Barat turut serta memeriahkan Festival Ikan Bakar Nusantara, Sabtu (25/6/2022).

Di Jabar sendiri, kegiatan yang digagas DPP PDIP tersebut dipusatkan di Kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung. Ratusan kader, pendukung, hingga simpatisan sangat antusias mengikuti pesta ikan bakar tersebut. Baca juga: Hasto: PDIP Tak Bisa Kerja Sama dengan PKS dan Demokrat karena Alasan Ideologis



Beragam ikan bakar pun disediakan pihak panitia, mulai ikan tawar seperti nila hingga ikan laut seperti tongkol dan ikan kue. Ditemani nasi putih hangat, tahu, tempe, dan lalapan serta tak lupa sambal pedas, seluruh peserta kemudian makan bersama di atas alas daun pisang.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono; Wakil DPRD Jabar yang juga kader PDIP, Ineu Purwadewi serta sejumlah jajaran pengurus DPD PDIP Jabar lainnya. Mereka tampak tak sungkan makan bersama para simpatisan dan pendukung PDIP dengan lahap.

"Ini bulan Bunga Karno, agenda rutin dan berawal dari kepedulian Bung Karno membuat buku resep Mustika Rasa 1.000 resep makanan. Kegiatan ini juga serentak dilaksanakan di 27 kabupaten kota di Jawa Barat. Ada 11.000 orang yang terlibat, memasak dan makan bersama," tutur Ono di sela kegiatan.

Menurut Ono, kegiatan ini bukan hanya sekedar pesta ikan bakar dan makan bersama. Lebih dari itu, kegiatan ini menjadi semangat untuk memperbaiki tingkat konsumsi masyarakat yang sehat. Kegiatan ini pun diharapkan menjadi kampanye pentingnya makan sehat, bergizi, dan murah.

"Kita tahu bahwa isu kesehatan juga menjadi fokus perhatian saat ini, salah satunya soal stunting yang dipengaruhi makanan. Kader PDIP sudah turun mengadvokasi pentingnya menu makan yang bergizi dan murah," tegasnya.

Ono juga mengatakan bahwa makanan sehat dan bergizi tak perlu harus mahal. Sebab, makanan tersebut juga dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti dengan menanam sayuran atau beternak di halaman rumah. Baca juga: PDI Perjuangan Sulsel Meriahkan Festival Bakar Ikan Nusantara

"Kita bisa manfaatkan halaman rumah untuk menanam sayuran, beternak ikan atau hewan ternak. Jadi, masyarakat tidak perlu membeli. Komitmen kami, kader-kader perempuan PDIP pun akan terus menyosialisasikan menu makanan sehat kepada ibu-ibu," katanya.

Terlebih, tambah Ono, Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim juga memiliki laut yang luas yang di dalamnya terkandung berbagai jenis ikan yang memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi.

"Ikan laut ini jadi salah satu alternatif untuk menu sehat yang dikonsumsi masyarakat. Protein yang banyak baik untuk anak-anak dan usia lanjut. Ikan tawar juga sama baiknya," kata Ono.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2586 seconds (10.55#12.26)