Pastikan Hewan Kurban Aman Dikonsumsi, Ridwan Kamil Sebar Petugas Kesehatan ke Penjuru Jabar

Jum'at, 24 Juni 2022 - 07:04 WIB
loading...
Pastikan Hewan Kurban Aman Dikonsumsi, Ridwan Kamil Sebar Petugas Kesehatan ke Penjuru Jabar
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara simbolis melepas 1.748 tim pemeriksa kesehatan hewan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/6/2022). Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melepas 1.748 petugas kesehatan yang tergabung dalam tim pemeriksa hewan kurban untuk memastikan seluruh hewan kurban di Jabar aman disembelih dan dikonsumsi.

Pelepasan ribuan petugas kesehatan hewan kurban tersebut digelar simbolis di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (24/6/2022).

Dalam kesempatan itu, gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berharap, dengan hadirnya petugas kesehatan, hewan kurban yang disembelih dalam kondisi sehat sesuai syariat Islam.



"Pemeriksaan akan mulai dilaksanakan dari H-14 Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Tim pemeriksa kesehatan (hewan kurban) ini terdiri dari (petugas dari) Pemda Provinsi Jawa Barat, kota/kabupaten, Ikatan Dokter Hewan Jabar dan Asosiasi Obat Hewan Indonesia," papar Kang Emil.

Selain itu, tim juga terdiri dari petugas dari balai veteriner dan balai inseminasi buatan yang semuanya bekerja sama dalam satu tim untuk memastikan sekitar 800.000 hewan kurban yang ditargetkan bakal disembelih tahun ini dalam kondisi sehat.



"Idul Adha sudah kita antisipasi dengan semaksimal mungkin, salah satunya hari ini kita mulai melepas tim pemeriksa kesehatan hewan kurban ke seluruh Jabar untuk memastikan saat pelaksanaan (hari H) tidak ada hewan-hewan sakit atau tidak layak yang dipotong sebagai hewan kurban," ungkapnya.

Kang Emil pun memerintahkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban untuk memantau langsung penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak. Berdasarkan data, kata Kang Emil, 40 persen hewan ternak yang terdampak PMK kini sudah berangsur sembuh.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)