Bupati Kaur: Festival Gurita dan Surfing Competition 2022 Promosikan Kaur ke Dunia

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:04 WIB
loading...
Bupati Kaur: Festival Gurita dan Surfing Competition 2022 Promosikan Kaur ke Dunia
Bupati Kaur Lismidianto secara resmi membuka Festival Gurita dan Surfing Competition 2022, di Putri Pinang Tawar Desa Pengubaian, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur, Rabu (22/6/2022).
A A A
BINTUHAN - Bupati Kaur Lismidianto secara resmi membuka Festival Gurita dan Surfing Competition 2022, di Putri Pinang Tawar Desa Pengubaian, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur, Rabu (22/6/2022).

Festival Gurita dan Surfing Competition adalah salah satu agenda tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur yang dimotori oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga. Event ini sekaligus bagai salah satu upaya Pemkab Kaur mempromosikan destinasi wisata dan kuliner khas Kabupaten Kaur.

"Harapan kami setelah wisatawan berkunjung di tempat ini dan menikmati kuliner yang ada di Kabupaten Kaur ini, agar kiranya masyarakat atau wisatawan lokal maupun di luar Kabupaten Kaur untuk bercerita dan menceritakan pengalamannya kepada teman kerabat dan sanak famili tentang makanan khas dan keindahan wisata yang diniliki Kabupaten Kaur," ujar Lismidianto dalam sambutan pembukaan.

Bupati juga berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan Pemerintah Pusat merespons positif dan membantu Pemkab Kaur untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kaur.
Bupati Kaur: Festival Gurita dan Surfing Competition 2022 Promosikan Kaur ke Dunia

"Kami harap Pemprov Bengkulu dan Pemerintah Pusat bersinergi mendukung pengembangan dan peningkatan sektor pariwisata dan UMKM yang ada di Kabupaten Kaur khususnya dan umumnya Provinsi Bengkulu. Kami juga berharap Festival Gurita dan Surfing Competition ini bisa dimasukkan dalam salah satu event Kharisma Nusantara," kata Bupati Kaur.

Pembukaan event dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diwakili oleh Koordinator Event Wilayah I Kalimantan, Sumatera dan Jawa Tridiana Tikupasang, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang diwakili oleh Direktur Penataan Ruang Laut Suhendar, Kementerian Kemaritiman dan Investasi RI, Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, Anggota Komisi X DPR RI Dewi Choriyati, Tim Museum Rekor Indonesia (Muri) Triyono dan Rahmad Sudarmadji serta petinggi pemkab dan pemprov setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaur Yasman dalam laporannya mengatakan Festival Gurita dan Surfing Competition Tahun 2022 ini merupakan salah satu upaya Pemkab Kaur menjadikan Kabupaten Kaur ini sebagai tujuan wisata lokal, nasional dan mancanegara dan juga mempromosikan kuliner khas serta meningkatkan industri kreatif dan UMKM yang ada di Kabupaten Kaur," ujarnya.

Salah satu event dalam festival ini adalah memasak sate sebanyak 10.500 tusuk yang memecahkan rekor dunia dan disaksikan Diverifikasi Museum Rekor Indonesia (Muri). Triono, Senior Manajer Muri, mengatakan, 10.500 tusuk sate gurita ini masuk dalam kategori terbanyak di dunia.

"Sebelumnya memang pada 2018 Pemkab Kaur mencatatkan rekor dunia memasak 6.000 tusuk sate gurita. Kali ini tahun 2022 Pemkab Kaur pecahkan rekornya sendiri dengan 10.500 tusuk sate gurita," kata Triono.
Bupati Kaur: Festival Gurita dan Surfing Competition 2022 Promosikan Kaur ke Dunia

Menurut Triono, sejauh ini belum ada negara mana pun di dunia yang pernah mengukuhkan memasak sate gurita. Kini Pemkab Kaur melakukannya karena banyaknya hasil gurita di laut Kaur.

Bupati Kaur mengatakan festival ini adalah upaya Pemkab Kaur memperkenalkan budayanya ke dunia luar sehingga diharapkan berimbas pada pariwisata, ekonomi, yang bermuara pada masyarakat tentunya.

Anggota DPR-RI Dapil Bengkulu Dewi Choryati mengatakan, gurita merupakan hasil laut melimpah di Kaur. Gurita kaya akan protein dan harganya yang mahal menjadi potensi luar biasa untuk konsumsi lokal serta ekspor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)