Libatkan Seniman dari 13 Negara, Bandung Gelar Pameran Nuansa Rupa Internasional

Rabu, 22 Juni 2022 - 14:06 WIB
loading...
Libatkan Seniman dari 13 Negara, Bandung Gelar Pameran Nuansa Rupa Internasional
Kalangan milenial antusias menyaksikan karya seniman dari 13 negara dalam pameran nuansa rupa internasional di Gastro Market, Bandung Grand Central, Kota Bandung. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Seiring kondisi yang mulai membaik menyusul melandainya kasus COVID-19, beragam pertunjukan mulai digelar di Bandung, tak terkecuali pertunjukan kesenian , seperti pameran seni rupa.

Luar biasanya, Bandung menjadi tuan rumah pameran seni rupa bertaraf internasional bertajuk "Nuansa Rupa International Contemporary Art Exhibition". Tak tanggung-tanggung, puluhan seniman Tanah Air dan mancanegara menampilkan karya terbaiknya dalam pameran tersebut.

Kurator, A.K Patra Suwanda, M.Sn. mengatakan, pameran berskala internasional yang digelar di Gastro Market Bandung Grand Central, Jalan Diponegoro Nomor 27, Kota Bandung ini melibatkan seniman dari 13 negara, termasuk puluhan seniman dari Tanah Air.

Adapun seniman mancanegara tersebut, di antaranya Karina D. Simom (Singapura), Maya Mekira (Jepang), Nicole Mehika (India), Halima Aziz (Palestina), Nessar Ahmad (Afganistan), Chira bang (Prancis), Natalia March (Inggris), Regina Kehrer (Jerman), Mikhal Avrech (Haifa IL), Dudi Arte, Marco & Judith Valencia (Italia), Hagopian (Argentina), hingga Libardo Mojica (Kolombia).



Sebagai tuan rumah, lanjut Patra, Indonesia menghadirkan karya seniman maestro Alm. Jeihan Sukmantoro serta para seniman produktif, seperti Taat Joeda, Basuki Bawono, Tjutju Widjaja, Lenny R. Weichert, Supriatna, Gustiyan Rachmadi, Andang Iskandar, Ray Bachtiar, Jatnika Darajatun, Yeni Fatmawati, Ariesa Pandanwangi, Rini Maulina, Setiyono Wibowo, Abdurahman Abro, Deddy Syarif, Asep Chaerulloh, Rahman Joeda, Mhaz Yanta, dan beberapa seniman mumpuni lainnya.

"Selain itu, ada juga seniman yang sering mengikuti berbagai bienalle di berbagai negara benua Eropa yaitu Tondi Hasibuan, termasuk seniman muda dengan talenta seni yang memikat seperti Yudrika N. Adilla, Erlina Nurtaufikah, Zistin Moya, dan Peter Rhian. Mereka menghadirkan karya-karya dengan nuansa rupa kekinian, yakni spirit kontemporer," papar Patra di lokasi pameran, Rabu (22/6/2022).

Patra juga mengatakan bahwa sesuai tajuk yang diusung, yakni nuansa rupa, pameran yang digelar sejak 14 Juni hingga 28 Juni 2022 mendatang ini diarahkan pada sebuah konteks peristiwa berkesenian bernama pameran seni rupa kontemporer yang terdiri dari karya lukis, patung, drawing, photografi, multimedia, dan seni instalasi.

"Selain sajian pameran, dalam peristiwa perhelatan seni ini, ada serangkaian kegiatan yang menyajikan wacana seni yang mengangkat berbagai isu kekinian seni rupa seperti simposium, seni dan spirit feminisme, fenomena busana kebaya, dan demo lukis model," katanya.

Lebih lanjut Patra mengaku bangga karena pameran seni rupa ini mendapatkan apresiasi yang besar dari kalangan milenial. Terbukti, kata Patra, banyak milenial yang hadir menyaksikan karya-karya seni yang dipamerkan. Menurutnya, hal itu menjadi apresiasi bagi pihaknya, termasuk para seniman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)