Sampah Berserakan, Program LISA Plt Wali Kota Pematangsiantar Tidak Efektif

Selasa, 21 Juni 2022 - 02:47 WIB
loading...
Sampah Berserakan, Program LISA Plt Wali Kota Pematangsiantar Tidak Efektif
Tumpukan sampah di jalan Sutomo persis di seberang RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar dibiarkan berserak tak ada yang mengambil, Senin (20/6/2022). Foto SINDOnews
A A A
PEMATANGSIANTAR - Program Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar , Susanti Dewayani Lihat Sampah Ambil (LISA) tidak efektif dipatuhi masyarakat. Salah satu sebab adalah minimnya tong sampah.

Akibatnya, sampah di permukiman penduduk berserak di trotoar jalan, tidak ada yang memungut atau mengambil hingga. Rizal, warga yang melintas di Jalan Sutomo Pematangsiantar mengatakan, seharus penerapan program LISA diikuti dengan penempatan tong-tong sampah di tempat umum.



"Coba dilihat di sepanjang Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka tong sampah umum masih minim bahkan jarang terlihat. Jadi, bagaimana warga mau melaksanakan LISA, mau kemana dibuang sampah yang dilihat," ujar Rizal, Senin (20/6/2022).

Hal yang sama disampaikan Susan, warga yang melintas di Jalan Merdeka. Dia menuding Plt Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani hanya meluncurkan program LISA, namun tidak menyiapkan sarana yang dibutuhkan untuk penerapannya.

"Jangan disalahkan warga jika cuek melihat sampah saat melintas di Jalan Merdeka karena tidak ada tempat untuk membuangnya," ujar Susan.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kominfo Pemko Pematangsiantar, Johanes Sihombing mengatakan, program LISA yang dicanangkan Wali Kota harus didukung masyarakat sehingga efektif mengatasi sampah.

"Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dengan tidak membuang sampah sembarangan sehingga program LISA efektif mengatasi sampah di tengah-tengah masyatakat," ujar Johanes.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)