Ludrukan Bareng Kirun dan Kartolo, Cak Imin: Seni Budaya Dapat Menyelamatkan Bangsa

Senin, 20 Juni 2022 - 15:12 WIB
loading...
Ludrukan Bareng Kirun dan Kartolo, Cak Imin: Seni Budaya Dapat Menyelamatkan Bangsa
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar melakukan safari politik dan ludrukan bareng dengan bintang tamu Kirun dan Kartolo di Alun-alun Bantarangin, Ponorogo, Jatim. Foto/Ist
A A A
PONOROGO - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melakukan safari politik ke Bumi Reog Ponorogo, Jawa Timur. Cak Imin atau Gus Muhaimin demikian sapaan akrabnya bersilaturahmi dan menyapa masyarakat di Alun-alun Bantarangin, Minggu (19/6/2022) malam.

Masyarakat yang sudah haus hiburan semenjak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, malam itu tumpah ruah di halaman alun-alun untuk bertemu Cak Imin dan menikmati hiburan ludruk dengan bintang tamu Kirun dan Kartolo. Tidak hanya penuh penonton, pedagang kali lima memadati sepanjang jalan menuju Alun-alun Batarangin.



Cak Imin menjelaskan, pagelaran seni budaya seperti ludruk bukan hanya sekedar memberikan hiburan. Namun sebagai upaya untuk melestarikan agar budaya yang dimiliki Indonesia tetap bertahan dan berkembang.

"Kita tidak boleh melupakan tradisi dan budaya kita. Selain bersilaturahmi, kita semua kumpul di sini untuk nguri-uri budaya dan tradisi. Tentu kita semua sudah rindu panggung hiburan karena dua tahun dilanda pandemi," ujar pria yang digadang-gadang sebagai calon Presiden Pemilu 2024 ini saat memberikan sambutan.

Dia mengajak masyarakat untuk bersukur karena berkat salawat virus korona dapat mereda, sehingga panggung hiburan dapat kembali digelar dan roda perekonomian kembali berputar normal.

Di depan seniman dan penonton, Cak Imin menyampaikan tentang tiga hal yang dapat menyelamatkan persatuan Indonesia, yakni agama, budaya dan masyarakat yang bekerja keras.



"Selain agama dan masyarakat yang bekerja keras, seni budaya ini merupakan instrumen untuk dapat menyelamatkan persatuan bangsa. Kondisi sesulit apapun dengan seni dan budaya kita tetap guyub rukun bersatu padu sati sama lain," tandasnya.

Selain itu, dia berkomitmen untuk mendorong pemerintah agar lebih serius memperhatikan nasib seniman. Sebab seniman dinilai berjasa menumbuhkan kebahagiaan melalui hiburan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5972 seconds (0.1#10.140)