Mengingat Sejarah Lewat Festival Mural Perjuangan

Minggu, 19 Juni 2022 - 16:19 WIB
loading...
Mengingat Sejarah Lewat Festival Mural Perjuangan
Forum Soekarnois berkerja sama dengan Banten Street Art (BSA) dan Banten Art Community (BAC) mengadakan Festival Mural Perjuangan di Sultan Centre, Sabtu 18 Juni 2022.(Ist)
A A A
SERANG - Forum Soekarnois berkerja sama dengan Banten Street Art (BSA) dan Banten Art Community (BAC) mengadakan Festival Mural Perjuangan di Sultan Centre, Sabtu 18 Juni 2022. Hal itu sebagai upaya melestarikan nilai-nilai Pancasila dan perjuangan para pendiri bangsa.

Festival mural ini merupakan bentuk berekspresi dari para seniman muda di Kota Serang dalam merepresentasikan perjuangan para pendiri bangsa. Hal ini juga diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda.

“Tujuannya agar dapat memberikan pemandangan yang berbeda sebagai bentuk ekspresi dari generasi muda, terhadap nilai-nilai Pancasila,” ujar Mahasiswa Ketahanan Nasional Universitas Indonesia (UI) Bahroji dalam keterangannya, Minggu (19/6/2022).

Bahroji mengatakan, selain menjadi wadah berekspresi, kegiatan ini merupakan rangkaian acara ‘Bulan Inspirasi Bung Karno’ yang digagas oleh, Forum Soekarnois, Kulturina, Kedai Pancasila, Lumbung Kreatif dan Youthlab.

“Kita ini penggemar seni, makanya sangat mendukung kegiatan teman-teman muralis. Mereka butuh tempat untuk berekspresi. Saya yakin dengan kegiatan ini, nilai Pancasila dapat lebih mudah diserap oleh generasi muda,” tuturnya.

Penasihat Forum Soekarnois, Ade Sumardi mengatakan, festival mural bukanlah ajang vandalisme, melainkan salah satu cara anak muda berekspresi.

“Mural bukan sekdar corat-coret, tetapi cara menuangkan apa yang ada di pikiran dan hati seseorang. Itu juga menunjukan bagaimana mereka bicara dengan baik melalui karyanya,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Lebak ini.

Sementara itu Indra Kesuma, Pembina dari Banten Art Community mengaku, sangat kagum terhadap sosok Bung Karno sebagai seorang proklamator dan pendiri bangsa.

“Betapa gigihnya Bung Karno memperjuangkan simbol negara melalui seni rupa. Bung karno bahkan menjual mobilnya untuk membangun Patung Dirgantara. Ini menjadi motivasi luar biasa bagi para perupa dan seniman pada umumnya,” ucap Indra.

Baca: Melalui Tenis Meja, Semangat 'War On Drugs' Mendunia.

Hal senada diakatakan Angga Trafsila Ardi, anggota dari Banten Street Art ini mengaku banyak mendapat inspirasi dari sosok Bung Karno.

“Perjalanan dan semangat bung karno menjadi panutan bagi generasi muda. Semangat tersebut bisa juga diaplikasikan melalui mural dan graffiti bertema perjuangan,” pungkasnya.

Acara ini juga dilanjutkan dengan dialog tentang pentingnya ruang publik menghadirkan Narasumber seorang budayawan Halim HD dan jurnalis senior Maksuni Husen.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)