Perdana, Embarkasi Hang Nadim Batam Berangkatkan Kloter Jamaah Calon Haji Gabungan

Sabtu, 18 Juni 2022 - 13:53 WIB
loading...
Perdana, Embarkasi Hang Nadim Batam Berangkatkan Kloter Jamaah Calon Haji Gabungan
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan jamaah calon haji. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOphoto
A A A
BATAM - Untuk pertama kalinya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, memberangkatkan jamaah calon haji gabungan dari tiga provinsi, yakni Kepulauan Riau (kepri), Kalimantan Barat, dan Riau, Sabtu (18/6/2022).



Para jamaah calon haji gabungan ini, tergabung dalam pada kelompok terbang (Kloter) ke empat. "Jamaah Kota Batam (Kepri) sebanyak 131 orang, jamaah Kota Pontianak (Kalbar) ada 250, dan jamaah dari Riau 55 orang. Yang dari Riau sudah tiba di Hang Nadim pukul 07.45 WIB, dan langsung pindah ke ruang tunggu A9," kata Ketua PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Mahbub.



Kloter jamaah calon haji ini, merupakan keberangkatan perdana gabungan dari Embarkasi Hang Nadim Batam. Sebelumnya Embarkasi Hang Nadim Batam telah memberangkatkan sebanyak 1.337 jamaah calon haji ke Kota Madinah, yang merupakan jamaah asal Kepri, dan Kalimantan Barat.



Mahbub mengatakan, mulai Minggu (19/6/2022), keberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Antara Hang Nadim Batam terhitung dari kloter lima hingga kloter 12 yang terdiri dari jamaah calon haji asal Riau, dan Jambi.

"Besok kita sudah mulai Embarkasi Antara, kalau jadwal penerbangan hampir sama sekitar pukul 12.00 WIB atau 13.00 WIB, tapi kita menunggu informasi terbaru dari Arab Saudi," kata Mahbub.

Terkait kondisi jamah calon haji yang sudah tiba di Madinah, Mahbub menjelaskan hingga saat ini seluruh jamah calon haji dipastikan dalam keadaan sehat dan lancar perjalanannya.



"Insya Allah, sampai hari ini semua baik-baik aja, kalau hari pertama jamaah fokus untuk siap-siap ibadah. Biasa mereka ada ibadah arbain, 40 waktu sholat tidak terputus dan juga kita sudah pesankan soal cuaca yang kurang mendukung apalagi untuk di luar ruangan, jadi harus sering-sering minum jangan sampai haus dan dehidrasi," ujar Mahbub.

Pada musim haji 1443 H/2022 M, Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan sebanyak 5.362 jamaah dari empat provinsi yaitu Kepri, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat. Jamaah calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam terbagi dalam 12 kloter dan dua gelombang.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)