25 Bangunan Rusak akibat Abrasi Pantai Amurang, Warga Diminta Mengungsi

Kamis, 16 Juni 2022 - 04:25 WIB
loading...
25 Bangunan Rusak akibat Abrasi Pantai Amurang, Warga Diminta Mengungsi
Puluhan rumah rusak akibat abrasi pantai. Foto: Subhan/SINDOnews
A A A
MINAHASA SELATAN - Abrasi pantai di Amurang, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara, mengakibatkan 25 bangunan, termasuk fasilitas umum rusak diterjang air.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, beberapa kerusakan terjadi di Kelurahan Bitung Lingkungan 7, di mana terdapat lima bangunan amblas. Terdiri dari pondasi Pagar RM Siera, kafe Sea Side, dan penginapan Kambiow.

Di Kelurahan Uwuran Satu, Lingkungan 1 terdapat 10 bangunan rumah warga amblas terbawa air, Jembatan Boulevard I'm Amurang yang panjangnya sekitar 75 meter amblas.

Baca juga: Hutan Cemara Pantai Pemalang Hancur Akibat Abrasi Pantai

Bangunan I'm Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, amblas terbawa air. Toilet umum dan bangunan rest area juga ikut amblas terbawa air.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minsel, Glady Kawatu mengatakan, dari data awal sekitar 15 bangunan yang terdampak kini bertambah menjadi 25 bangunan, satu restoran dan empat resort yang terdampak

"Sekitar 20 rumah dilaporkan hanyut dan 5 rumah rusak berat, satu restoran dan empat resort yang hanyut," kata Kawatu, kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).

Baca: Dibayar Cek Kosong Rp2,25 Miliar, Sub Kontraktor Bongkar Batu Proyek Penahan Abrasi KEK Pantai Tanjung Lesung

Warga yang terdampak bencana saat ini mengungsi di tempat yang aman. Pemerintah Kabupaten Minsel juga sudah membuka posko induk bagi para pengungsi yang berlokasi di Kantor Lurah Lewet, dan tiga posko siaga di Uwuran Satu, eks PGA, dan di kantor lurah.

"Pemerintah mengimbau masyarakat yang berada di seputaran lokasi bencana, karena masih ada potensi rawan bencana, kita mintakan untuk menuju ke pos-pos pengungsian yang sudah disiapkan pemeritah," tukasnya.
(san)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1020 seconds (10.177#12.26)