Hasil Survei Pilwalkot Solo, Begini Respon Gibran dan Achmad Purnomo

Rabu, 24 Juni 2020 - 09:14 WIB
loading...
Hasil Survei Pilwalkot Solo, Begini Respon Gibran dan Achmad Purnomo
Achmad Purnomo (kiri) bersalaman dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Foto: iNews.id/Bramantyo
A A A
SOLO - Dua Bakal Calon Wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo memberikan respon berbeda terhadap hasil survei Solo Raya Polling.

Gibran mengaku bakal lebih bersemangat, sedangkan Achmad Purnomo menyerahkan sepenuhnya kepada DPP PDIP terkait pasangan calon yang akan diusung dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo tahun 2020.

“Maturnuwun sanget (terimakasih sekali) untuk masyarakat Kota Solo yang memberikan penilaian dalam survei ini,” kata Gibran Rakabuming Raka dalam pesan tertulisnya, Rabu (24/6/2020). Gibran mengaku hasil survei akan menjadi pemompa semangatnya untuk giat lagi. Khususnya dalam membantu warga Solo yang terdampak pandemi corona virus (COVID-19).(Baca juga : Tolak Achmad Purnomo Mundur, PDIP Solo Ingin Tegakkan Kewibawaan )

Namun putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini tidak memberikan respon lebih jauh terkait hasil survei. Termasuk simulasi duet Gibran-Achmad Purnomo yang diprediksi bakal menang telak jika kedua bakal calon yang bersaing meraih rekomendasi DPP PDIP ini disandingkan dalam Pilwalkot Solo. Atau terkait elektabilitas dan popularitasnya yang menggungguli Achmad Purnomo.

Sementara itu, Achmad Purnomo menanggapi santai terkait hasil survei Solo Raya Polling. “Saya menyerahkan sepenuhnya kepada DPP PDIP untuk menentukan siapa pun yang direkomendasi,” tandas Achmad Purnomo. Dirinya enggan berandai andai terkait kemungkinan duet Gibran-Achmad Purnomo yang bakal menang telak di Pilwalkot Solo jika dipasangkan.

Pria yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo ini enggan berkomentar dan kembali menyerahkan sepenuhnya kepada DPP PDIP. Hasil survei, menurut Achmad Purnomo merupakan sebuah keanekaragaman di dalam demokrasi. Sehingga dirinya tidak terlalu terpengaruh. Dirinya diberi tugas dari DPC PDIP Solo untuk diusulkan sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo ke DPP PDIP berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Proses itu sesuai ketentuan mulai dari anak ranting, ranting, PAC hingga DPC PDIP Solo. Sehingga hal itu membuat dirinya percaya diri karena sesuai dengan ketentuan dan ketetapan. Dirinya mempersilahkan saja jika ada calon lain. Saat pandemi COVID-19 dirinya tidak sampai hati Pilwalkot Solo tetap digelar tahun 2020. Sehingga dia lalu mengajukan pengunduran diri sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo ke DPC PDIP Solo.

Namun pengunduran diri kemudian ditolak seluruh anak ranting, ranting, PAC dan DPC PDIP Solo. “Saya menjadi trenyuh (tersentuh hatinya), kok sedemiikian bulatnya memberikan kepercayaan kepada saya,” ucapnya.(Baca juga : Survei Solo Raya Polling, Duet Gibran-Purnomo Bisa Menang Telak )

Sehingga sebagai kader PDIP, dirinya tidak jadi mundur dari Bakal Calon Wali Kota Solo. Sebagai kader partai yang baik, dirinya mentaati semua perintah partai.

Sebagaimana diberitakan, hasil survei Solo Raya Polling menunjukkan posisi putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka makin unggul sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo. Popularitas dan elektabilitas Gibran kini mengungguli rivalnya Achmad Purnomo yang juga menjadi Bakal Calon Wali Kota Solo dari PDIP. Survei juga mengukur elektabilitas simulasi pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota jika Pilwalkot dilaksanakan saat ini.

Simulasi di antaranya duet Gibran-Achmad Purnomo melawan pasangan independen. Hasilnya Gibran-Purnomo elektabilitasnya mencapai 91%. Jika disatukan, kedua bakal calon wali kota yang maju melalui PDIP ini bakal unggul mutlak.(Baca juga : Ada Gibran, Purnomo 'Terpaksa' Mundur, Peluang Rekomendasi Tipis )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4205 seconds (0.1#10.140)