IPW Desak Polri Pecat 2 Oknum Polisi Pengeroyok Anak Komut Bank Jatim

Kamis, 09 Juni 2022 - 09:25 WIB
loading...
IPW Desak Polri Pecat 2 Oknum Polisi Pengeroyok Anak Komut Bank Jatim
Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Prayitno. Foto/Ist.
A A A
SLEMAN - Pengeroyokan dan penganiayaan terhadap Bryan Yoga Kusuma, anak Komisaris Utama (Komut) Bank Jatim, melibatkan dua anggota polisi. Kasus pengeroyokan dan penganiayaan ini, terjadi di parkiran Holywings Jogjakarta, pada Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Anak Komisaris Bank Jatim Dikeroyok hingga Babak Belur, Ternyata Pemicunya Sepele

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Prayitno mendesak Polri memberhentikan dengan tidak hormat, dua anggota Polri yang terlibat dalam penganiayaan dan pengeroyokan terhadap Bryan Yoga Kusuma.



Desakan ini bukan tanpa alasan. Sebab tindakan itu telah menciderai marwah institusi Polri. Apalagi, Kapolda DIY, Irjen Asep Suhendar juga telah berjanji akan memproses pidana kedua anggota Polri tersebut. "Artinya, ada pelanggaran disiplin dan kode etik yang dilakukan mereka," kata Sugeng.

Baca juga: Sadis! 7 Jasad Janin Bayi Hasil Aborsi Ditemukan di Kotak Makan

Sugeng menjelaskan, kepastian itu setelah dilakukan gelar perkara oleh Subdit Paminal, Direktorat Propam Polda DIY, serta memeriksa 17 saksi, 13 orang sipil, dan empat anggota polisi. Hasilnya, ada pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri berinisial LV dan AR.

"Oleh sebab itu, IPW mendesak Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk memberhentikan dua anggota Satreskrim Polres Sleman, yang melakukan penganiayaan kepada BYK itu," jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan amanah dalam Pasal 15 PP No. 1/2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri, yang menyebutkan memberhentikan anggota Polri dilakukan oleh presiden untuk pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), atau yang lebih tinggi, dan Kapolri untuk pangkat Ajun Komisaris Besar (AKBP) atau yang lebih rendah.

Baca juga: 1 Korban Jatuhnya Helikopter di Mimika Papua Masih Hilang, Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1605 seconds (10.177#12.26)