Kisah Wanita-wanita Pemberani yang Terjun ke Medan Perang Bersama Pangeran Diponegoro Melawan Belanda

Kamis, 09 Juni 2022 - 07:42 WIB
loading...
Kisah Wanita-wanita Pemberani yang Terjun ke Medan Perang Bersama Pangeran Diponegoro Melawan Belanda
Pangeran Diponegoro. Foto/Ist.
A A A
Pangeran Diponegoro, dengan gagah berani melawan segala bentuk penjajahan yang dilakukan Belanda. Dalam pertempuran yang menguras kekayaan Kerajaan Belanda tersebut, Pangeran Diponegoro juga didukung oleh para pengikut setianya.

Baca juga: Kisah Pangeran Diponegoro, Dilawan Rakyat yang Lapar Akibat Ulah Pejabat Culas

Di antara para pengikut Pangeran Diponegoro, terdapat sejumlah wanita cantik yang turut terjun ke medan pertempuran. Para wanita itu, tak sekedar menyuplai logistik dan membantu para kaum laki-laki saja, tetapi juga ikut mengangkat senjata.



Sejumlah nama perempuan tangguh muncul saat masa perang Jawa, melawan Belanda. Dua nama yang menjadi sorotan pasukan Belanda saat itu, yaitu Raden Ayu Yudokusumo, dan Raden Ayu Serang atau yang dikenal dengan Nyi Ageng Serang.

Baca juga: Sadis! 7 Jasad Janin Bayi Hasil Aborsi Ditemukan di Kotak Makan

Dikutip dari buku "Takdir: Riwayat Pangeran Diponegoro 1785-1855" karya Peter Carey, Raden Ayu Serang, atau yang dikenal sebagai Nyi Ageng Serang, ibu Pangeran Serang II. Dia memiliki garis keturunan Wali Songo, dan dikenal sakti setelah bertapa di gua-gua di pantai selatan.

Raden Ayu Serang disebut memimpin pasukan berkekuatan 500 orang di sekitar Serang-Demak, di kala putranya Pangeran Serang II, menyerang posisi-posisi Belanda di Pantai Utara, pada bulan Agustus-September 1825.

Wanita sakti lainnya yang ada di kubu pasukan Pangeran Diponegoro, adalah Raden Ayu Yudokusumo. Ia merupakan salah satu perempuan dengan tingkat kecerdasan tinggi dan memiliki siasat yang luar biasa.

Baca juga: 1 Korban Jatuhnya Helikopter di Mimika Papua Masih Hilang, Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2534 seconds (11.252#12.26)