Penampakan Rumah Kelahiran Bung Karno di Surabaya, Kini Direvitalisasi Jadi Museum

Senin, 06 Juni 2022 - 19:26 WIB
loading...
Penampakan Rumah Kelahiran Bung Karno di Surabaya, Kini Direvitalisasi Jadi Museum
Rumah kelahiran Bung Karno di Kota Surabaya akan dijadikan museum yang nantinya bisa dinikmati sebagai wisata sejarah. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menambah satu destinasi wisata di Kota Pahlawan dengan merevitalisasi rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean Gang IV No. 40 Surabaya menjadi sebuah museum.

Nantinya, rumah kelahiran Bung Karno akan dilengkapi sejumlah artefak hingga ornamen pendukung. Museum ini akan menceritakan berbagai kisah perjuangan Bung Karno sejak lahir di Surabaya hingga sukses menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Kisah Bung Karno sedang Mencari Tuhan, Kalbunya Bergetar!

"Lokasi rumahnya tetap. Justru, kami tambah dengan menaruh museum di sini. Kami jadikan wisata sejarah baru di Surabaya," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (6/6/2022).

Saat ini proses revitalisasi bangunan aset milik Pemkot Surabaya itu masih dilakukan. Pihaknya menargetkan, destinasi wisata museum ini segera dibuka dalam waktu yang tidak lama.

Rencananya, rumah kelahiran Bung Karno akan dikoneksikan dengan destinasi wisata sejarah lain yang ada di kawasan ini. Sementara konsep yang tengah disiapkan adalah Kampung Kebangsaan.

Apalagi mengingat tidak jauh dari rumah ini ada rumah HOS Cokroaminoto yang berada Jalan Peneleh Gang VII Nomor 29-31, tempat kos Bung Karno selama menempuh pendidikan sekolah.

Baca juga: Bucinnya Bung Karno kepada Penari Haryati: Ini Surat Cintanya

Ada pula Langgar Dhuwur, masjid berusia dua abad di kawasan ini yang disebut sebagai tempat mengaji Bung Karno.

Sebelumnya, rumah kediaman HOS Tjokroaminoto telah diresmikan menjadi museum oleh Pemkot Surabaya pada 27 November 2017.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2424 seconds (10.177#12.26)