Ganjar Dorong Transformasi Desa Mandiri dan Sejahtera di Rakernas DPP PAPDESI

Minggu, 05 Juni 2022 - 19:03 WIB
loading...
Ganjar Dorong Transformasi Desa Mandiri dan Sejahtera di Rakernas DPP PAPDESI
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat menghadiri Rakernas DPP Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Hotel MG Setos, Kota Semarang, Minggu (5/6/2022). Foto: Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendorong transformasi desa mandiri dan sejahtera. Hal itu dikemukakan saat menghadiri Rakernas Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Hotel MG Setos, Kota Semarang , Minggu (5/6/2022).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ganjar meminta Kepala Desa (Kades) se-Indonesia saling berbagi pengetahuan satu sama lain. Menurut Ganjar, hal tersebut dapat membuat 'desa kembar', yaitu desa yang maju secara merata.



"Ini kita usulkan agar di antara mereka bisa membuat desa-desa kembar. Jadi nanti mereka saling belajar, NTT dengan Jawa, mungkin NTT dengan Sumatera, Sulawesi dengan Kalimantan, kita berkumpul lah ya agar kemudian bisa ada nilai tambah dari organisasi ini untuk mensejahterakan rakyat," kata Ganjar, Minggu (5/6/2022).



Lebih lanjut, Ganjar yang merupakan Ketua Dewan Pembina PAPDESI menyebut, inovasi di desa-desa sangat banyak selama masa pandemi. Khususnya inovasi terkait ketahanan pangan desa di tengah gejolak ekonomi.

"Menurut saya selama pandemi kemarin inovasi di desa banyak sekali. Saya melihat ojol desa umpama, aplikasi-aplikasi umpama," tutur Ganjar.

Atau barangkali kata dia, bagaimana kita mempertahankan ketahanan pangan di desa di tengah situasi dunia yang seperti ini. “Desa kita ini lebih kuat, dijaga terus oleh kawan-kawan kades, perangkat desa," sambungnya.



Ganjar pun mengapresiasi para Kades se-Indonesia, khususnya yang hadir dalam Rakernas PAPDESI. Menurutnya, PAPDESI adalah bagian dari ikhtiar pemerintah desa di tengah geopolitik yang akan bergerak.

Sementara itu, Ketua Umum PAPDESI Wargiyati menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mengembangkan inovasi di desa dan meningkatkan ekonomi kerakyatan. Dia pun berharap jalan PAPDESI untuk mewujudkan transformasi di desa semakin lancar.

"Katakanlah mungkin kripik dibungkus plastik dibungkus plastik kan harganya cuma seribu. Tapi kalau packagingnya bagus itu harganya kan bisa lima kali lipat atau sepuluh kali lipat. Itu yang mau kita kembangkan untuk menaikkan ekonomi kerakyatan," imbuhnya.

Harapan ke depan semakin besar. “Tentu saja kita harus ada pendampingan dari pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat," pungkas Wargiyati.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)