Launching 1 Abad NU, Khofifah: Program Unggulan Selaras dengan Program Pembangunan Nasional

Rabu, 01 Juni 2022 - 07:53 WIB
loading...
Launching 1 Abad NU, Khofifah: Program Unggulan Selaras dengan Program Pembangunan Nasional
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Launching Countdown 1 Abad NU dan Halalbihalal PWNU Jatim dan PCNU Se-Jatim di Auditorium KH. Hasyim Asyari PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar, Surabaya.
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyebutkan program yang diluncurkan Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim menyongsong 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) terkait pendidikan, kesehatan dan ekonomi selaras dengan program pemerintah secara nasional maupun provinsi Jatim.

Hal tersebut disampaikan Khofifah saat menghadiri Launching Countdown 1 Abad NU dan Halalbihalal PWNU Jatim dan PCNU Se-Jatim di Auditorium KH. Hasyim Asyari PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar, Surabaya, Selasa (31/5/2022). Acara ini juga memperkenalkan beberapa program unggulan yang rencananya akan dilakukan menyongsong 1 abad NU.

Baca juga: Emmeril Khan Mumtadz Belum Ditemukan, Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak Ajak Warga Jatim Panjatkan Doa

Khofifah menyatakan, sektor kekuatan ekonomi merupakan salah satu bagian penting. Ia bahkan telah belajar banyak dari referensi yang ditunjukkan K.H. Moh. Hasan Mutawakkil 'Alallah, di pondok asuhannya, Pesantren Zainul Hasan Genggong.

"Al-Mukarom Kyai Mutawakil ini telah memberikan referensi yang luar biasa di mana di pesantren beliau di Genggong banyak melakukan inovasi ekonomi kreatif. Saat ini Pemprov Jatim telah menyiapkan Kampus UMKM Shopee di Malang. Satu paket belajar itu 40 orang selama 3 bulan gratis," katanya.

Orang nomor satu di Jatim ini menerangkan, produk yang masuk dalam kampus tersebut akan dikurasi oleh tim, bisa juga minta dikurasi Bank Indonesia. Nantinya, jika lolos, produk sudah memenuhi syarat untuk bisa tembus ke berbagai negara jaringan Shopee.

"Jadi di Malang ada Gedung Pelatihan milik Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Shopee. Satu paket nanti sudah ada mulai perencanaan bisnis, pembinaan cara memotret barang, cara memasarkan lewat live streaming, cara mengelola logistik, dan seterusnya semua bebas biaya," tuturnya.

Untuk itu, Khofifah mempersilakan tim ekonomi PWNU Jatim untuk turut memanfaatkan fasilitas tersebut. Sebab, dengan begitu mereka tidak perlu lagi membuat bangunan untuk memajang produk-produk UMKM. "Tetapi bisa memasarkan secara on line dengan kemampuan manajerial yang sudah dilatih," terangnya.

Sedangkan untuk layanan kesehatan, Khofifah mengatakan bahwa, Pemprov Jatim memberikan perhatian yang besar terhadap fasilitas kesehatan, khususnya klinik pratama. "Program-program yang ada, Pemprov Jatim telah banyak mendapatkan penghargaan. Harapannya, capaian tersebut dapat dinikmati hasilnya oleh seluruh masyarakat Jatim," jelasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)