Gebyar Literasi Tulungagung Memotivasi Sekolah Majukan Pendidikan

Selasa, 31 Mei 2022 - 20:57 WIB
loading...
Gebyar Literasi Tulungagung Memotivasi Sekolah Majukan Pendidikan
Ratusan sekolah di Tulungagung berhasil mengembangkan literasi melalui program Gebyar Literasi. Foto/Ist
A A A
TULUNGAGUNG - Ratusan sekolah di Tulungagung, Jawa Timur berhasil mengembangkan literasi. Melalui program Gebyar Literasi Tulungagung sekolah dimotivasi dan difasilitasi untuk mengembangkan literasinya.

Hal ini sesuai yang disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim tentang pentingnya literasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui dua program strategis yakni Merdeka Belajar dan Gerakan Literasi Nasional.

Baca juga: Kemendikbud Ajak Sinergikan Klub Literasi Sekolah dengan Kampus Mengajar

Puncak acara Gebyar Literasi Tulungagung diselenggarakan secara virtual pada Senin (23/5/2022) lalu yang berlangsung meriah dengan disaksikan ratusan siswa, guru, kepala sekolah, dan masyarakat umum.

Program ini merupakan program kolaborasi Dispendikpora dan Kemenag Kabupaten Tulungagung bersama Nyalanesia yang merupakan startup bidang pendidikan yang membantu lebih dari 300.000 siswa dan guru untuk menerbitkan buku bersama.

Program untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sederajat ini diharapkan program ini bisa menjadi solusi efektif bagi para Kepala Sekolah untuk meningkatkan budaya literasi warga sekolahnya.

“Kami dari Dinas Pendidikan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Mulai awal, kami mendampingi mulai dari penjajakan sampai dilaksanakannya seleksi, hingga keikutsertaan peserta. Pada dasarnya kebutuhan literasi ini memang sangat dibutuhkan oleh siapa pun," kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung, Syaifudin Juhri dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Menapaki Setapak Perubahan dengan Literasi

Gebyar Literasi Tulungagung adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru dapat menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi.

Selain itu mereka mendapat pendampingan, pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi dengan hadiah jutaan rupiah.

“Sungguh suatu nikmat yang tak terkira, bahwa kita tergerak mengambil peran untuk mengajak terlibat peserta didik kita untuk memajukan literasi Indonesia. Gebyar Literasi Tulungagung hari ini akan menguatkan langkah kita di masa yang akan datang untuk mewujudkan masyarakat yang literat,” jelas penggerak Literasi Nasional yang memimpin jalannya Gebyar Literasi Tulungagung, Sri Saktiani.

Sementara, Direktur Utama Nyalanesia, Lenang Manggala menyampaikan bahwa Gebyar Literasi Tulungagung adalah pengembangan dari program Pengembangan dan Pembinaan Literasi Sekolah (BANPELIS).



"Program Gebyar Literasi Tulungagung dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Tulungagung guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien, dan penuh suka cita. Mari, menjadi bagian dalam upaya menyalakan masa depan bangsa," pungkasnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2069 seconds (11.97#12.26)