Ribuan Calon Jamaah Haji Asal Garut Batal Berangkat ke Tanah Suci

Selasa, 31 Mei 2022 - 19:40 WIB
loading...
Ribuan Calon Jamaah Haji Asal Garut Batal Berangkat ke Tanah Suci
Seorang calon jamaah haji berpelukan dengan kerabat sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekah, di kompleks Pendopo Kabupaten Garut beberapa waktu lalu. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
GARUT - Kuota jamaah haji asal Kabupaten Garut yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah tahun ini hanya berjumlah 867 orang.

Jumlah itu kurang dari setengah atau hanya sekira 42 persen dari kuota haji Garut yang sebenarnya.

Pada 2022, jumlah jamaah haji asal Garut hanya terbagi dalam dua kloter, lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Lubang Misterius di Area Persawahan KBB Akhirnya Ditutup, Segini Kedalamannya

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut Cece Hidayat menyebut, jumlah calon jamaah haji yang gagal berangkat mencapai ribuan orang.



"Yang gagal berangkat ini jadi prioritas untuk pemberangkatan haji tahun berikutnya," kata Cece, kepada wartawan, Selasa (31/5/2022).

Dia menjabarkan, ribuan calon jamaah haji yang batal berangkat itu terdiri dari 613 orang karena kendala kuota, 435 orang karena berusia di atas 45 tahun, 15 orang batal lunas, dan 748 orang batal porsi.

Baca juga: Tradisi Tepung Tawar, Ritual Ungkap Rasa Syukur Calon Jamaah Haji Asal Madina

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan bahwa pembatasan usia 65 tahun terhadap calon jamaah haji merupakan aturan dari pemerintah Arab Saudi.

Namun Rudy memastikan para calon jemaah yang gagal berangkat di 2022 ini masih bisa diberangkatkan tahun depan. "Masih bisa berangkat tahun depan," katanya.

Keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci Mekah pada 2022 ini merupakan yang pertama kali sejak pandemi COVID-19 mewabah di Indonesia.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1123 seconds (10.55#12.26)