Puluhan Rumah Terendam Banjir di Kotawaringin Timur, Warga Tetap Bertahan

Jum'at, 27 Mei 2022 - 03:32 WIB
loading...
Puluhan Rumah Terendam Banjir di Kotawaringin Timur, Warga Tetap Bertahan
Warga memilih tetap bertahan di rumahnya saat banjir merendam pemukiman mereka di Sampit, Kotawaringin Timur. Foto: iNewsTV/Zulfikar
A A A
SAMPIT - Hujan deras yang melanda Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur , Kalimantan Tengah, dalam tiga hari terakhir, mengakibatkan banjir hingga merendam ratusan rumah, Kamis (26/5/2022) terendam banjir.

Salah satu desa terdampak banjir cukup parah terjadi di Desa Natai Baru, yang sudah terjadi sejak sepekan terakhir, namun dalam tiga hari belakangan banjir semakin tinggi dengan kedalaman 60 centimeter lebih atau setinggi lutut orang dewasa.

Puluhan Rumah Terendam Banjir di Kotawaringin Timur, Warga Tetap Bertahan

Baca juga: 6 Desa di Cirebon Terendam Banjir 1,5 Meter, Pemerintah Diminta Tanggap

Bahkan air juga masuk ke rumah warga dengan ketinggian sekitar 20 centimeter, warga pun memilih tetap bertahan dan membuat panggung di dalam rumah sebagai tempat tidur dan melakukan aktivitas lainnya.



Kades Natai Baru, Sariansyah menyebutkan, rumah terendam banjir di Desa Natai Baru berjumlah 50 unit dengan jumlah warga terdampak sekitar 70 kepala keluarga, banjir juga melanda sejumlah fasilitas umum salah satunya pos kesehatan desa.



“Setiap tahun banjir memang kerap melanda desa yang terletak di pinggir sungai sampit tersebut, namun banjir kali ini merupakan banjir terparah yang pernah terjadi,” kata salah seorang warga, Yadi.

Baca juga: Penjaga Pintu Air di Denpasar Hilang Terseret Arus

Selain Desa Natai Baru, banjir juga melanda dua desa lainnya yang juga terletak di pinggiran sungai sampit yakni Desa Ramban dan Rongkang.

Kepala BPBD Kotawaringin Timur, Rihel menyebutkan, jika hujan deras kembali turun atau adanya kiriman air dari wilayah hulu maka bisa dipastikan kedalaman banjir di desa itu akan semakin parah. “Warga diimbau untuk mengungsi ketempat lebih aman,” tukasnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1597 seconds (11.252#12.26)