Kapolda Bali: PBB Jadikan Polri Contoh Pengamanan Kegiatan Internasional

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:04 WIB
loading...
Kapolda Bali: PBB Jadikan Polri Contoh Pengamanan Kegiatan Internasional
Polda Bali Irjen menerima kunjungan rombongan PBB untuk meninjau Command Center ITDC. Mereka mengapresiasi Command Center ITDC yang dibangun Polri. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DENPASAR - Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengapresiasi Command Center ITDC yang dibangun Polri . Command Center ITDC ini mendukung pengamanan Global Platform for Disaster Risk Reducation (GPDRR) serta sistem manajemen monitoring bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Hal itu disampaikan Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengutip Deputi Sekretaris Jenderal PBB, Amina J Mohammed saat meninjau Command Center ITDC. Tujuannya melihat fasilitas dan fitur kesiapan dukungan teknologi Command Center untuk antisipasi pengamanan, kebencanaan, dan tsunami di Bali pada Selasa, 24 Mei 2022. Baca juga: Hadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Polri Gelar Operasi Mantap Brata

“Deputi Sekretaris Jenderal PBB mengapresiasi atas kesiapan Polri. PBB akan menjadikan 91 Command Center ITDC sebagai contoh pembuatan fasilitas Command Center sistem penanganan kebencanaan di negara-negara di bawah UNDRR,” kata Putu Jayan kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Sementara fasilitas dan fitur 91 Command Center ITDC yang terpasang di seluruh wilayah Bali sebanyak 1.431 titik CCTV. Hal ini mendukung kegiatan pengamanan event internasional termasuk GPDRR dan G20.

Selanjutnya, Putu Jayan menambahkan fasilitas dan fitur 91 Command Center ITDC juga mempersiapkan penanganan bencana alam dan tsunami di Bali. Seperti info cuaca BMKG, informasi bencana alam dan tsunami seluruh Indonesia secara real time, inarisk BNPB, monitoring kecepatan angin, pasang surut air dan tinggi gelombang, video SOP evakuasi bencana gempa, serta tsunami di kawasan Wisata Nusa Dua Bali.

“Itu tidak hanya melihat fitur-fitur CCTV saja, tapi juga melihat kesiapan untuk mendukung pengamanan kegiatan Sidang PBB. Baik segi kebencanaan maupun keamanan dan lainnya,” ujarnya. Baca juga: Negara yang Pernah Keluar dari PBB, Nomor 1 Soroti Dominasi Barat

Putu Jaya menyebut perwakilan PBB tidak meragukan kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan untuk kegiatan kenegaraan atau internasional. Sebab, Indonesia sudah pernah melaksanakan kegiatan bersama PBB di Bali.
(poe)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2433 seconds (11.97#12.26)