Ungkap Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Pati, Kabareskrim: Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:28 WIB
loading...
Ungkap Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Pati, Kabareskrim: Kasus Terbesar Sepanjang 2022
Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto dan Kapolda Jateng Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat konferensi pers ungkap kasus penyimpangan BBM di Pati, Selasa (24/5/2022). Foto/Ist
A A A
PATI - Direktorat Tipidter Bareskrim Polri mengungkap kasus dugaan penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi di Pati, Jawa Tengah. Diperkirakan, omzet penjualan dari penyimpangan tersebut mencapai Rp4 miliar.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, dugaan penyalahgunaan BBM bersubsidi yang terungkap pada 18 Mei 2022 itu berlangsung sejak 2021.

Baca juga: Mabes Polri Bongkar Kasus Dugaan Penyalahgunaan BBM di Pati, 12 Pelaku Ditangkap

Modusnya, menampung BBM jenis solar bersubsidi di gudang tempat penyimpanan yang diperoleh dari sejumlah SPBU dengan menggunakan kendaraan yang sudah di modifikasi.

"Kasus yang digelar ini terungkap pada 18 Mei 2022 lalu dan merupakan yang terbesar sepanjang tahun 2022. Petugas berhasil mengamankan sejumlah pelaku di beberapa wilayah Kabupaten Pati," ungkap Komjen Pol Agus Andrianto saat konferensi pers ungkap kasus di TKP Gudang PT Aldi Perkasa Energi di Jalan Juwana-Pucakwangi, Pati, Selasa, (24/5/2022)

"TKP pertama yang berhasil diungkap berada di sebuah gudang di jalan Pati-Gembong, Kelurahan Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Selanjutnya dari hasil pengembangan terungkap TKP kedua yang berada di gudang di Jalan Juwana-Pucakwangi, Desa Dukuhmulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati," paparnya.



Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang 2022 tersebut polisi menetapkan 12 orang tersangka. Masing-masing dari 12 tersangka yang ditangkap, memiliki peran spesifik mulai dari pemilik modal sampai dengan pengangkut BBM jenis solar bersubsidi tersebut.

Baca juga: Kamis Pahing 26 Mei, Adik Presiden Jokowi, Idayati Menikah dengan Ketua MK Anwar Usman

Adapun para tersangka yang diamankan masing-masing berinisial MK sebagai pemilik gudang, EAS sebagai pemodal, AS sopir mobil heli, MT sopir mobil, SW sopir mobil, FDA sopir mobil, FDA sopir mobil, AAP kepala gudang, MA sopir truk tangki kapasitas 24 ribu liter, TH sopir truk tangki kapasitas 24 ribu liter, JS pemodal, AEP sopir mobil, dan S sopir mobil.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1304 seconds (10.55#12.26)