Diamuk Puting Beliung, 15 Rumah Warga di Padalarang Rusak

Senin, 22 Juni 2020 - 14:01 WIB
loading...
Diamuk Puting Beliung, 15 Rumah Warga di Padalarang Rusak
Salah satu rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di Kampung Gunung Bentang, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Dok.BPBD KBB
A A A
BANDUNG BARAT - Sebanyak 15 rumah warga di Kampung Gunung Bentang, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) , rusak dihantam angin puting beliung.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materi ditaksir mencapai jutaan rupiah karena hampir semua rumah mengalami kerusakan di bagian atap/genting.

"Puting beliung itu terjadi pada Minggu petang, ada 15 rumah rusak yang dihuni total sebanyak 60 jiwa. Tapi tidak ada yang mengungsi karena kerusakan langsung diperbaiki," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo kepada SINDOnews, Senin (22/6/2020).

Duddy menjelaskan, bencana angin puting beliung tersebut terjadi disertai dengan hujan dengan intensitas sedang. Kejadiannya berlangsung sekitar 10 menit, namun sempat membuat warga kaget karena angin yang berhembus kencang tersebut datang secara tiba-tiba. Sebagian warga ada yang berlarian ke luar rumah karena khawatir tertimpa atap bangunan.

Personel BPBD yang ke lokasi kemudian membersihkan material puing-puing rumah bersama warga sambil melakukan pendataan. Rumah warga yang terdampak puting beliung ini berada di RW 15 dan 15. Warga diimbau tetap waspada terhadap potensi ancaman bencana alam, mengingat saat ini masih dalam masa transisi dari musim penghujan ke kemarau.

"Sekarang hujan masih turun, bahkan dengan intensitas tinggi. Makanya warga mesti waspada, kalau ada potensi bencana laporkan ke petugas dan mengungsi ke tempat aman," ujarnya. (Baca juga : Kunjungan Wisatawan Diprediksi Kembali Normal pada Akhir Tahun )

Salah seorang warga yang rumahnya rusak, Tarma (50) mengungkapkan, kejadian tersebut berlangsung sekitar 10 menit saat hujan turun. Dia merasakan beberapa menit angin berkecamuk di atap rumahnya sehingga membuat genteng rumahnya berterbangan. Bahkan karena besarnya angin tersebut, dirinya mengaku sempat terpelanting beberapa meter dan langsung menyelamatkan diri beserta istri dan anaknya.

"Saya lagi tiduran di kursi depan rumah, tiba-tiba angin kencang datang dan membuat terpental. Sekarang saya bingung mau membetulkan kerusakan tapi enggak punya uang," ucapnya sambil berharap ada bantuan dari pemerintah.

Korban angin puting beliung di Kampung Gunung Bentang, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, KBB :

1. Dadi Supardi (4 Jiwa)
2. Tarma (3 Jiwa)
3..Amin Saepudin (6 Jiwa)
4. Ade Mahpudin (4 Jiwa)
5. Hj Hopsah (3 Jiwa)
6. Edah (3 Jiwa)
7. Asadi (3 Jiwa)
8. Ahmad Kurnia (5 Jiwa)
9. Maming (5 Jiwa)
10. H. Hamdan (6 Jiwa)
11. Omon (5 Jiwa)
12. Endang (4 Jiwa)
13. Enung Aminah (3 Jiwa)
14. Dede Rohana (3 Jiwa)
15. Sigom (3 Jiwa)
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0129 seconds (0.1#10.140)