TGB HM Zainul Majdi: Fitnah Menyebar Melalui WA karena Kita yang Sebarkan

Kamis, 19 Mei 2022 - 08:57 WIB
loading...
TGB HM Zainul Majdi: Fitnah Menyebar Melalui WA karena Kita yang Sebarkan
Ketua Umum PB NWDI TGB HM Zainul Majdi mengatakan bahwa bila semua diam dan tak menyebarkan melalui WA, maka dengan sendirinya fitnah akan terhenti. Foto/Ist
A A A
SUMBAWA - Hadirnya teknologi membawa bahaya ketika tak dapat mengendalikan diri. Seperti berita fitnah yang menyebar melalui WhatsApp (WA) grup karena ulah manusia.

Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI), TGB HM Zainul Majdi mengatakan, bila semua diam dan tak menyebarkan melalui WA, maka dengan sendirinya fitnah akan terhenti.



“Fitnah menyebar melalui WA karena kita yang sebarkan,” katanya saat Kuliah Subuh di Masjid Al Muttaqin di Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa dalam rangkaian Dakwah Nusantara di Pulau Sumbawa, Kamis (19/5/2022).

Dia menegaskan, fitnah atau pada masa kini kerap disebut hoaks, terkait siapapun tak perlu disebarkan. Paling utama saat ini adalah menjaga persaudaraan, hidup bermasyarakat.

“Jangan karena bukan ke kita kemudian disebarkan, jangan mengatakan itu kan bukan saya. Ingat, sebagaimana kita berlaku seperti pula kita diperlakukan, bila kita berbuat kebaikan maka akan berbuah kebaikan,” tandas Doktor ahli Tafsir Alquran ini.

Energi fitnah, lanjut TGB, hadir dan menjadi berlipat karena ada gerakan dari manusia. Fitnah yang dianggap kecil pun kemudian menjadi berlipat serangannya. Kadang kala, ketika berniat meluruskan fitnah pun justru mendapat serangan balik.


“Maka pilihannya diam dan tidak usah ikut-ikutan. Dalam kondisi seperti ini, amal saleh yang pasif itu lebih manfaat, apalagi disaat masa menyebarnya fitnah,” bebernya.

Rektor IAIH Pancor ini melanjutkan, fitnah yang terjadi di tengah masyarakat, bukan hanya saat ini saja. Dikatakan, setelah Nabi Muhammad wafat fitnah muncul di tengah sahabat.

Seperti masa Usman bin Affan, muncul provokasi dari orang yang tak mendapat jabatan, mereka menyebut khalifah setelah nabi ini hanya mengangkat orang dekatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)