Masyarakat Adat Lancang Dukung Ekowisata BPOLBF di Bowosie Labuan Bajo

Kamis, 19 Mei 2022 - 08:26 WIB
loading...
Masyarakat Adat Lancang Dukung Ekowisata BPOLBF di Bowosie Labuan Bajo
Pengembangan ekowisata di kawasan Bowosie Labuan Bajo oleh BPOLBF mendapat dukungan masyarakat adat Kampung Lancang, Wae Kelambu, Komodo, Manggarai Barat, NTT. Foto/Ist
A A A
LABUAN BAJO - Masyarakat adat Kampung Lancang, Wae Kelambu,Komodo,Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendukung rencana pemerintah pusat mengembangkan ekowisata di kawasan hutan Bowosie.

Masyarakat Adat Lancang Dukung Ekowisata BPOLBF di Bowosie Labuan Bajo


Pengembangan ini dilakukan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) sebagai satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).



Hal itu diungkapkan oleh Tua Golo (Ketua Adat) Lancang,Theodorus Urus. "Jika tanah ini dibangun untuk pariwisata maka justru kami dukung, karena itu milik pemerintah. Yang nantinya berimbas bagi kami warga Lancang dan Manggarai Barat umumnya. Sehingga anak-anak kami bisa kerja disana nantinya," kata Theo Urus dikutipKamis (19/5/2022).

Tua Golo Lancang menjelaskan, dirinya dan masyarakat Lancang mendukung penuh rencana pemerintah untuk mengelola lokasi Bowosie. Namun disisi lain, Ia sesalkan pemerintah yang malah membiarkan adanya kelompok tertentu melakukan perambahan.

"Kita kesal karena lahan hutan dirusak oleh kelompok masyarakat yang bukan warga wilayah Nggorang ataupun golo Lancang. Dan pada tahun 2018, kami ketemu pak Gusti Dula (mantan bupati Manggarai Barat), kita bicara dengan beliau disertai dengan pernyataan sikap terkait lahan hutan yang dirambah orang-orang, " jelasnya.

Namun hingga saat ini pemerintah seakan kalah dengan para perambah. Dia tak keberatan bila pemerintah melalui BPOLBF yang menata Bowosie, asal baginya bersosialisasi dahulu dengan masyarakat agar dapat menjelaskan terkait dampak baik dan dampak buruk akibat pembangunan di lahan hutan tersebut.



"Bukan berarti kita tidak mendukung soal pembangunan akan tetapi harus membawa dampak baik bagi masyarakat," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)