Bocah 8 Tahun Tewas Tenggelam di Air Terjun Mangkol Bangka Tengah

Minggu, 15 Mei 2022 - 21:08 WIB
loading...
Bocah 8 Tahun Tewas Tenggelam di Air Terjun Mangkol Bangka Tengah
Bocah usia delapan tahun dievakuasi warga setelah ditemukan tenggelam di lokasi wisata air terjun Mangkol, Bangka Tengah.Foto/Haryanto
A A A
BANGKA TENGAH - Bocah laki-laki berusia 8 tahun warga Kabupaten Bangka, tewas tenggelam di pemandian air terjun Gunung Mangkol, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (15/5/2022). Korban tewas diduga tidak bisa berenang dan lepas dari pemantauan.

Sejumlah orang berupaya memberikan pertolongan sesaat korban berhasil diangkat dari dalam kolam pemandian. Namun tidak membuahkan hasil. Dibantu pengunjung, korban lalu digotong menuju kendaraan dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca juga: Pernikahan Adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman Undang 800 Tamu

"Menurut pengunjung orang tua korban ini sudah selesai mandi. Lalu korban ini disuruh bilas sama orangtuanya di tempat pemandian anak - anak di atas," kata Ketua Bujang Skuat, Nanda, selaku pihak pengelola Wisata Air Terjun Gunung Mangkol.

Namun korban tenyata malah mandi di tempat orang dewasa tanpa sepengetahuan orang tuanya. "Ada anak-anak bilang pas dia masih ada seperti mengenai kelapa orang di dasar air. Ayah korban langsung terjun untuk mengambil korban di dalam air. Korban sempat kami bawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia," ujar Nanda.

Menurut Nanda, pihaknya telah memberikan imbauan secara langsung untuk para pengunjung dan dengan memasang plang peringatan larangan bagi anak-anak dan yang tidak bisa berenang mandi di kolom orang dewas.

Plang peringatan tersebut dipasang tepat di tapi kolam pemandian tempat korban tenggelam. "Sebetulnya kami juga menyiagakan dua orang petugas untuk melakukan pengawasan terhadap orang - orang yang mandi. Namun tadi pengunjung memang lagi ramai, bahkan orang yang sedang mandi pun tidak tahu pas korban terjun ke kolam itu," katanya.

Usai kejadian, pengelola langsung menutup sementara tempat wisata tersebut. Warga diimbau untuk selalu waspada saat berwisata ke tempat pemandian. Bagi anak - anak jangan sampai lepas pemantauan orang dewasa dan bagi yang tidak bisa berenang disarankan tidak mandi kolam yang dalam.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)