Antisipasi Penyebaran Virus PMK, Ini yang Dilakukan Polda Jateng

Sabtu, 14 Mei 2022 - 19:21 WIB
loading...
Antisipasi Penyebaran Virus PMK, Ini yang Dilakukan Polda Jateng
Polda Jateng terus melakukan langkah intensif guna mengantisipasi penyebaran penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang meyerang hewan ternak sapi. Foto/Bidhumas Polda Jateng
A A A
SEMARANG - Polda Jateng mengerahkan kekuatannya, untuk melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang meyerang hewan ternak sapi. Upaya itu dilakukan dengan membangun komunikasi, koordinasi, hingga kolaborasi dengan para pemangku kebijakan.



Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy memaparkan, sejumlah langkah yang dilakukan yakni berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Jateng, terkait upaya beberapa penanganan, yakni pendataan terhadap lokasi dan jumlah hewan ternak yang terjangkit PMK.



Lalu pembentukan posko penanganan PMK tingkat provinsi bersama Dinas Pertenakan Jateng. "Kemudian membuat Surat Telegram Kapolda ke jajaran, dalam rangka penanganan wabah PMK. Melakukan pengecekan dan monitoring terhadap lokasi-lokasi peternakan maupun RPH. Serta pemantauan ketat di pos lalu lintas termak dan pasar hewan," kata Iqbal, Sabtu (14/5/2022).



Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Biddokkes Polda Jateng untuk memberikan bantuan obat-obatan seperti disinfektan, AB, analgetik, anti radang, dan vitamin. "Kepolisian juga membantu penyebaran pamflet, informasi maupun brosur mengenai PMK kepada masyarakat. Serta berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polres untuk rekapitulasi populasi sapi, jumlah yang terjangkit, jumlah sapi yang mati dan yang dipotong," ujar dia.



"Pembentukan posko penanganan PMK di Polres jajaran juga dilakukan. Termasuk pelaporan harian tindak lanjut penanganan dan antisipasi penyebaran PMK di wilayah. Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk melakukan langkah-langkah mitigasi, lockdown sampai mitigasi untuk penyembelihan," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6010 seconds (0.1#10.140)