Gio Lelaki Digugat Pencipta Lagu Asli terkait Pelanggaran Hak Cipta

Sabtu, 14 Mei 2022 - 12:16 WIB
loading...
Gio Lelaki Digugat Pencipta Lagu Asli terkait Pelanggaran Hak Cipta
Gio Lelaki digugat pencipta lagu asli karena hak cipta. Foto: Subhan/SINDOnews
A A A
MANADO - Giofanny Elliandrian Agoes atau yang sekarang lebih dikenal dengan Gio Lelaki, digugat terkait dugaan pelanggaran hak cipta lagu lelaki yang diklaim sebagai miliknya.

Penyanyi jebolan ajang Indonesian Idol ini dilaporkan seorang musisi asal Manado, Andrew Ngantung yang mengaku sebagai pencipta lagu Lelaki.

Kepada SINDOnews, Andrew mengatakan, bahwa lagu tersebut hasil ciptaannya yang ditulis pada 2010 lalu, dan diklaim oleh Gio sebagai lagu hasil ciptaannya saat mengikuti ajang Indonesia Idol 2014 lalu.



"Dia mengaku kalau lagu itu sudah dia bayar. Saya kasih lagu itu buat dia nyanyikan, bukan gratis. Satu lagu dia kasih Rp3 juta, itu pun saya minta dia cicil-cicil. Tapi itu sewa, tapi dia sudah berpikir kalau lagu itu sudah punya dia," kata Andrew, kepada SINDOnews, Sabtu (14/5/2022).

Menurut Andrew, sudah beberapa kali disampaikan kepada Gio, bahkan sudah dua kali disomasi oleh pengacara Andrew tetapi Gio tidak datang. Sehingga dia kemudian melaporkan masalah tersebut ke ke Kepolisian Daerah (Polda) Sulut sekira dua bulan yang lalu, dan sudah ada mediasi, namun tidak ada titik temu.

"Waktu dikepolisian dia mengaku sudah membayar lagu tersebut, tapi ketika ditanya apakah bayaran tersebut sebagai bukti hak milik tidak bisa dibuktikan, dia tidak bisa buktikan," ujar Andrew.



Bahkan, lagu Lelaki tersebut sempat akan dirilis ulang oleh Gio. Namun menurut Andrew, dia sudah membuat hak cipta akan lagu tersebut dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Selain lagu Lelaki, ada tiga lagu lainnya hasil ciptaan Andrew yang diklaim sebagai milik Gio. Bahkan dua lagu di antaranya menjadi soundtrack beberapa sinetron dan Andrew tidak mendapatkan royalti sepeser pun.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4465 seconds (0.1#10.140)