Eduwisata Nara Kupu Jogja Jaga Keasrian Lingkungan Lereng Gunung Merapi

Jum'at, 13 Mei 2022 - 17:12 WIB
loading...
Eduwisata Nara Kupu Jogja Jaga Keasrian Lingkungan Lereng Gunung Merapi
Lokasi eduwisata Nara Kupu Jogja yang tengah dibangun di kawasan kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY akan mengusung konsep wisata agrikultur ramah lingkungan. Foto/Ist
A A A
SLEMAN - Lokasi eduwisata Nara Kupu Jogja yang tengah dibangun di kawasan kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY akan mengusung konsep wisata agrikultur ramah lingkungan. Sehingga dipastikan selalu menjaga keasrian dan kebersihan kawasan.

"Pada prinsipnya, Nara Kupu Jogja ini berharap masyarakat dapat teredukasi mengolah sampah organik menjadi sumber penghasilan melalui bertanam sayuran organik," ujar Field Manager Nara Kupu Jogja, Doni Darmawan saat bertemu wartawan di Head Office Sayur Kendal, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Mengintip Eduwisata Malam GLOW yang Bakal Mempercantik Kebun Raya Bogor

"Jadi dengan begitu dapat dipastikan tidak ada limbah atau sampah organik yang akan dibuang. Apalagi sampai mengotori lingkungan. Karena sampah organik nantinya akan diolah menjadi kompos, sama halnya dengan Nara Kupu Village di Depok," sambungnya.

Lebih lanjut, Doni juga memastikan bahwa dengan konsep ramah lingkungan, Nara Kupu Jogja komitmen mengajak masyarakat sekitar untuk sama-sama menjaga lingkungan dari berbagai pencemaran, terutama soal sampah.

"Misalkan yang sampah non organiknya. Kita bisa lihat di kota besar Jakarta misalnya, masyarakat bisa diberdayakan melalui bank sampah, di mana nantinya sampah ini dapat menjadi rupiah," katanya.



Menurutnya, dari hasil tanaman organik dapat diolah menjadi macam-macam makanan sehat. Menurut Doni, produk panganan dari hasil organik yang pihaknya sediakan, yakni Bakmi Jogja Mbah Walid Nkv.

Baca juga: Pasutri Polisi Bripka Etana dan Briptu Eka Ditahan Usai Tilep Dana Samsat Rp3 Miliar untuk Investasi Online

"Ini yang yang diracik khusus bersama Wihrasa dan Sayur Kendal serta jadi contoh bahwa makanan sehat juga bisa dinikmati dengan harga terjangkau," sebutnya.

Owner Wihrasa Group, Rayhan Christian Siego optimistis Bakmi Jogja Mbah Walid Nkv tersebut akan menjadi jajanan favorit yang sehat dan terjangkau sehingga dapat dinikmati semua lapisan masyarakat.

"Dari kualitas tentu terjamin, dari harga juga pasti terjangkau, lebih penting cara mendapatkannya mudah. Misalnya lewat aplikasi," pungkasnya.
(shf)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2470 seconds (11.252#12.26)