Hepatitis Akut Dianggap Status KLB, Begini Respons Bupati Majalengka

Selasa, 10 Mei 2022 - 18:47 WIB
loading...
Hepatitis Akut Dianggap Status KLB, Begini Respons Bupati Majalengka
Bupati Majalengka Karna Sobahi menyikapi meningkatnya kasus hepatitis akut yang kini sudah dianggap masuk dalam status KLB oleh WHO. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAJALENGKA - Bupati Majalengka Karna Sobahi menyikapi meningkatnya kasus hepatitis akut yang kini sudah dianggap masuk dalam status Keadaan Luar Biasa ( KLB ) oleh WHO.

Karna pun meminta dinas terkait untuk segera melakukan penelusuran. Dinas Kesehatan lewat bidang penanganan penyakit menular hingga kini, masih melakukan kajian terkait kasus itu.



"Saya sudah mendapat laporan dari Kepala Dinas Kesehatan tentang munculnya kasus hepatitis yang belum tahu variabel penularannya dari mana, faktornya apa. Sekarang sedang diteliti oleh bagian yang menangani masalah penyakit menular di Majalengka," kata Karna usai menghadiri acara KAHMI, Selasa (10/5/2022).



Kendati belum diketahui secara pasti cara penularannya, maka kata Karna, perlu penanganan lebih cepat. Apalagi saat ini kasus tersebut penyebarannya cukup cepat. "Saya bilang, 'Segera, saya minta laporan.' Karena sekarang kasusnya semakin banyak," bebernya.


Disinggung terkait persiapan Rumah Sakit (RS) ketika kasus itu muncul di Majalengka, Karna menjelaskan, yang pertama dilakukan adalah tindakan pelayanan.

"Ya kita berikan tindakan layanan aja dulu, kita kan belum tahu dari apa ini, faktornya ya. Apakah hanya bersifat wabah lokal atau gimana," ungkap dia.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2780 seconds (0.1#10.140)