Otsus Beri Manfaat Luar Biasa untuk Membangun SDM Unggul Orang Asli Papua

Selasa, 10 Mei 2022 - 16:09 WIB
loading...
Otsus Beri Manfaat Luar Biasa untuk Membangun SDM Unggul Orang Asli Papua
Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua dinilai telah memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat asli Papua, baik dalam proses pembangunan fisik maupun SDM. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAYAPURA - Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua dinilai telah memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat asli Papua. Hal itu baik dalam proses pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM) bagi orang asli Papua.

Berdasarkan kajian Pusat Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (Puskappi), kebijakan dana otsus telah menghasilkan peningkatan standar pendidikan masyarakat asli Papua.



Direktur kajian Puskappi, Bobby Darmanto mengungkapkan bahwa dana otsus telah membangun jalan pikiran rakyat Papua untuk memiliki kemampuan bersaing dengan masyarakat lainnya bahkan dengan masyarakat internasional.

"Jalan pikiran telah terbangun kepada setiap diri rakyat Papua yang mendapatkan beasiswa dari dana otsus. Sehingga mahasiswa asli Papua mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya baik tingkat nasional maupun internasional," jelas Bobby pada diskusi virtual bertajuk "Prospektif Pembangunan Papua Era New Normal" Selasa (10/5/2022).

Lebih lanjut Bobby menjelaskan bahwa dari data terbaru sebanyak 10 mahasiswa Indonesia asal Papua lulus dari universitas terkemuka di Amerika Serikat. Semua mahasiswa tersebut para penerima beasiswa otsus Papua.

"Hal yang membanggakan berkat dana otsus, mahasiswa asli asal Papua lulus dari universitas terkemuka di Amerika Serikat, seperti Universitas Corban. Ini menjadi bukti bahwa dana otsus telah mendukung pembangunan manusia unggul Papua yang dapat mensejajarkan diri di kancah internasional," jelas Bobby.



Sementara itu, Konjen RI di San Francisco Prasetyo Hadi mengatakan, para mahasiswa Papua ini merupakan bagian dari sekitar 240 penerima beasiswa yang lulus dan di wisuda pada semester pertama tahun 2022 ini.

"Kami semua merasa bahagia dan bangga karena sejumlah putra putri terbaik bangsa telah lulus. Hal itu menunjukkan ketekunan dan kedisiplinan dalam belajar akan membuahkan hasil yang diharapkan," ujar Prasetyo Hadi yang menghadiri upacara wisuda tersebut untuk memenuhi undangan pihak universitas, Senin (9/5/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2958 seconds (0.1#10.140)