Pelabuhan Ajatappareng Parepare Dipadati Penumpang saat Arus Balik

Senin, 09 Mei 2022 - 15:19 WIB
loading...
Pelabuhan Ajatappareng Parepare Dipadati Penumpang saat Arus Balik
Sejumlah penumpang saat turun dari KM Lambelu asal Balikpapan, Kaltim. Kapal ini menurunkan 1.108 penumpang di Pelabuhan Ajatappareng Parepare Senin, (09/05/2022). Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle.
A A A
PAREPARE - Aktivitas penumpang yang hendak tiba maupun berangkat menggunakan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan Ajatappareng , Kota Parepare, Senin (9/5/2022) pagi masih terlihat padat.

Penumpang yang tiba maupun melakukan perjalanan rute laut, pun masih memadati pelabuhan antar pulau tersebut. Seperti yang terlihat pagi tadi, dua kapal motor asal Kalimantan yang memuat ribuan penumpang, tiba dalam waktu yang hampir bersamaan.



Kasi Keselamatan Lalu Lintas dan Keselamatan Berlayar KSOP Parepare, Sahrun Asis menjabarkan, dua kapal motor yang bersandar di dermaga Pelabuhan Ajatappareng , diantaranya KM Lambelu asal Balikpapan, Kaltim menurunkan 1.108 penumpang. Sementara KM Prince Soya asal Samarinda, Katim, menurunkan lebih seribu penumpang.

Pada musim mudik tahun ini, kata Sahrun, hingga awal pekan ini tercatat sebanyak 15.406 penumpang di dermaga Pelabuhan Ajatappareng. Sementara jumlah penumpang yang naik mencapai 20.804 orang.

Lonjakan penumpang di musim libur lebaran tahun ini, menyusul kelonggaran yang diberikan pemerintah bagi warga yang hendak mudik tahun ini. "Lonjakannya lebih 100 persen dibanding tahun sebelumnya," jelasnya.

Untuk arus balik kali ini, tambah Sahrun, didominasi penumpang tujuan Balikpapan. Selain tujuan Samarinda, Nunukan dan Tarakan. "Yang terpenting, penerapan protokol kesehatan baik bagi penumpang yang tiba maupun yang akan bertolak melalui Pelabuhan Ajatappareng , menjadi hal paling utama tetap kita terapkan," ujarnya.

General Manager (GM) PT Pelindo Cabang Parepare, Sardi ST menjelaskan, pelayanan prima tetap menjadi prioritas pihaknya bagi para penumpang agar tetap merasa nyaman saat berada di area pelabuhan.

"Kita menyediakan sejumlah fasilitas di terminal penumpang. Ada ruang khusus bagi ibu menyusui, ruang isolasi untuk pemeriksaan, selain kursi roda hingga tandu," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)