Puncak Arus Mudik, Polrestabes Makassar Berlakukan Ganjil Genap

Minggu, 08 Mei 2022 - 15:24 WIB
loading...
Puncak Arus Mudik, Polrestabes Makassar Berlakukan Ganjil Genap
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Porestabes Makassar telah menerapkan aturan ganjil genap bagi kendaraan yang masuk ke Kota Makassar sejak Kamis (5/5/2022) lalu. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Porestabes Makassar telah menerapkan aturan ganjil genap bagi kendaraan yang masuk ke Kota Makassar sejak Kamis (5/5/2022) lalu.

Pada puncak arus balik hari ini, Minggu (8/5/2022), Satlantas memprediksi sebanyak 20 ribu kendaraan bakal masuk ke Makassar.



Hal tersebut bertujuan untuk membagi volume kendaraan. Sehingga mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas. Kendaraan yang memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) ganjil dapat berangkat di tanggal 5 dan 7 Mei. Sementara TNKB genap boleh masuk ke Makassar di tanggal 6 dan 8 Mei.

Kepala Satlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda mengatakan penerapan ganjil genap tersebut efektif mengurai kemacetan.

Hingga Sabtu malam, kata dia, arus lalu lintas dari Maros dan Gowa menuju Kota Makassar ramai lancar.

"Sejak tanggal 3 Mei sampai sekarang, tidak ada kepadatan arus yang mengakibatkan macet. Bahkan prediksi kita sebelumnya, puncak kemacetan sore ini, tidak terjadi. Insyaallah sampai besok aman lancar," tutur Zulanda, Minggu (8/52022).

Hingga malam kemarin, kata dia, tidak ada pelanggaran ditemukan di siang hari. Semua masuk Kota Makassar dengan lancar tanpa ada yang disuruh memutar balik.

Dirinya juga bilang, penerapan ganjil genap pada 5 Mei, untuk kendaraan yang ganjil sebanyak 80 persen telah mematuhi aturan tersebut.

"Hanya sekitar 20 persen kendaraan berpelat genap yang memasuki Kota Makassar di tanggal 5 Mei. Itupun di atas pukul 20.00 Wita," lanjut dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)