Pelancong ke Gunungkidul Membeludak, Polisi Bantu Ganjal Ban Mobil Wisatawan

Jum'at, 06 Mei 2022 - 10:38 WIB
loading...
Pelancong ke Gunungkidul Membeludak, Polisi Bantu Ganjal Ban Mobil Wisatawan
Petugas Polsek Tepus, membantu wisatawan dengan menyediakan ganjal ban untuk kendaraan saat terjebak macet di tanjakan di kawasan wisata pantai Kabupaten Gunungkidul. Foto/iNews TV/Kismaya Wibowo
A A A
GUNUNGKIDUL - Kesibukan anggota Polsek tepus, mengalami peningkatan selama masa libur lebaran kali ini. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai-pantai di wilayah Kabupaten Gunungkidul, membuat para anggota Korps Bhayangkara itu harus kerja ekstra keras untuk membantu wisatawan.



Banyaknya jalur menanjak dan turunan ekstrem di jalur selatan Kabupaten Gunungkidul tersebut, membuat kendaraan wisatawan rawan kecelakaan. Apalagi kondisi kendaraan membeludak selama libur lebaran, sehingga rentan terjadi kemacetan lalu lintas di jalan menanjak dan menurun curam.



Mengantisipasi kendaraan wisatawan di libur lebaran mengalami kecelakaan saat berada di tanjakan atau turunan curam, anggota Polsek Tepus bersiaga di tepi jalan sambil membawa kayu untuk mengganjal ban. Sehingga, ketika ada kendaraan yang kesulitan menanjak, para polisi dengan sigap mengganjak ban kendaraan tersebut.



Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto mengatakan, libur lebaran kali ini jalur pantai selatan Kabupaten Gunungkidul, selalu dipadati oleh ribuan kendaraan. "Kemacetan lalu lintas terjadi dibeberapa titik, yang menyebankan kendaraan mengular," tuturnya.

Pengunjung harus antre, mengingat jalur pantai selatan di Kabupaten Gunungkidul yang sempit membuat kendaraan tidak dapat leluasa bermanufer, apalagi jika terdapat bus pariwisata. "Guna menghindari adanya kecelakaan lalu lintas, anggota kami menyediakan ganjal ban dibeberapa tanjakan," terang Jarwanto.



Dia menyebut, kondisi tanjakan yang berkelok dan persis berada di tepi jurang, membuatnya berinisiatif membantu para wisatawan untuk mengganjal ban. Bahkan, Polsek Tepus membentuk tim khusus untuk membantu mengganjal ban kendaraan wisatawan di libur lebaran ini.

Tim ganjal ban Polsek Tepus tersebut, akan bekerja di sejumlah titik rawan kemacetan dan tanjakan serta turunan curam, hingga usai libur lebaran. Masyarakat yang hendak berwisata ke pantai-pantai di selatan Kabupaten Gunungkidul, juga diminta menyiapkan kendaraannya secara baik.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2948 seconds (0.1#10.140)