Puncak Arus Mudik Terjadi di Jalur Sungai, Pemudik Padati Dermaga 16 Ilir Palembang

Minggu, 01 Mei 2022 - 11:37 WIB
loading...
Puncak Arus Mudik Terjadi di Jalur Sungai, Pemudik Padati Dermaga 16 Ilir Palembang
Puncak arus mudik lebaran, terjadi di jalur sungai yang ada di Kota Palembang, Minggu (1/5/2022). Pemudik memadati Dermaga 16 Ilir Kota Palembang. Foto/iNews TV/Erwin Setiawan
A A A
PALEMBANG - Para pemudik memadati Dermaga 16 Ilir, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (1/5/2022). Diperkirakan, pada hari ini akan menjadi puncak arus mudik melalui jalur sungai. Para pemudik hendak menuju ke daerahnya masing-masing, menggunakan perahu ketek maupun jukung.

Baca juga: H-1 Lebaran Tol Cipali KM 76 Macet Parah, Ribuan Kendaraan Mengular Sepanjang 10 Km

Banyak pemudik yang lebih memilih angkutan kapal cepat, seperti perahu ketek maupun jukung sebagai moda tranportasi karena lebih cepat dan tanpa kemacetan lalu lintas di jalur darat. "Kalau lewat jalur darat, biasanya banyak kemacetan dan tidak cepat sampai rumah, makanya pilih lewat jalur sungai," ujar salah satu pemudik, Sri Utami.



Sri Utami yang merupakan warga Muara Belida, merantau ke Kota Palembang, untuk menempuh pendidikan di salah satu universitas. Dirinya merasa sangat gembira, karena pada tahun ini pandemi COVID-19 telah melandai, dan pemerintah memberikan izin mudik lebaran, sehingga bisa berkumpul bersama keluarga.

Baca juga: The Real Crazy Rich Joko Suranto Sejak Lama Bercita-cita Bangun Desanya

Ramainya pemudik melalui jalur sungai, menjadi berkah bagi para pemilik moda transportasi sungai, salah satunya Sandy. Berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, pada momen lebaran tahun ini jumlah pemudik meningkat hingga 80 persen. "Tarifnya naik, dari Rp12 ribu, menjadi Rp13 ribu," ujarnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3336 seconds (11.210#12.26)