Puncak Arus Mudik di Bandara Sam Ratulangi Manado Capai 5.109 Penumpang

Minggu, 01 Mei 2022 - 09:24 WIB
loading...
Puncak Arus Mudik di Bandara Sam Ratulangi Manado Capai 5.109 Penumpang
Puncak arus mudik di Bandara Sam Ratulangi Manado mencapai 5.190 penumpang pada H-3, Jumat (29/4/2022). Lonjakan penumpang yang datang sekira 2.372 penumpang. Foto SINDOnews
A A A
MANADO - Puncak arus mudik di Bandara Sam Ratulangi Manado mencapai 5.190 penumpang pada H-3, Jumat (29/4/2022). Lonjakan penumpang terbanyak dari keberangkatan sebanyak 2,737 sedangkan yang datang sekira 2.372 penumpang.

"Puncak arus mudik itu kemarin, kami prediksi dari awal memang kemarin, jadi sekitar lima ribu lebih karena memang dua hari terakhir itu Lion menggunakan empat flight untuk ke Makassar, pagi satu, siang dua kemudian malam satu," ujar General Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E. T Gandeguai, Minggu (1/5/2022). Baca juga: Pantau Mudik, Menhub Pastikan Kemacetan di MBZ hingga Merak Mulai Terurai



Meski sudah melakukan ekstra flight dengan airlines, satu dari Garuda dan dua dari Lion, namun Minggus mengaku tetap masih penuh permintaan terkait dengan liburan dan dilonggarkan syarat penerbangan cukup berdampak signigikan bagi bandara.

"Kami antisipasi itu dengan operating hours sampai dengan jam 11 untuk mengantisipasi kondisi-kondisi permintaan terkait penambahan flight yang baru kemudian untuk mencegah protokol kesehatan kami di posko ini bersama TNI-Polri, tenaga kesehatan untuk menjaga protokoler kesehatan supaya bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan," tuturnya.

Selain itu juga kata dia, bandara Sam Ratulangi menyiapkan enam kiosk untuk check in agar supaya penumpang yang tidak membawa bagasi bisa langsung check in, langsung bisa proses masuk sehingga tidak terjadi penumpukan di area check in.

Lebih lanjut dia mengatakan tujuan penumpang terbanyak yakni Jakarta dan Makassar, karena ke dua daerah tersebut merupakan coneccting atau transit.

"Jadi kalau di Makassar mempunyai beberapa connecting ke arah barat, tengah dan timur, kemudian di Jakarta itu ke arah barat," katanya. Baca juga: Pos Pantau di Tangerang Sediakan Bensin Gratis untuk Pemudik

Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+3 karena biasanya terjadi seperti itu, dimana orang sudah mulai pesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya."Diprediksi setelah libur satu hari sebelumnya mereka sudah pulang," pungkasnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1578 seconds (11.97#12.26)