Arus Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Jamin Infrastruktur Jalan di Jawa dan Sumatera

Kamis, 28 April 2022 - 03:37 WIB
loading...
A A A
Untuk mendukung semua kelancaran arus mudik dan balik lebaran di Pulau Sumatera, Menteri PUPR telah meminta tiga prioritas dalam perbaikan jalan.

Prioritas pertama, perbaikan material jalan yang disebabkan oleh mutu beton. Prioritas kedua, perbaikan jalan yang mengalami keretakan dan penurunan dan akan diperbaiki setelah Idulfitri karena masih bisa dilalui. Dan prioritas ketiga perbaikan jalan yang ditutup dengan lem beton.

Dukungan lain yang diberikan Kementerian PUPR pada rangkaian mudik Lebaran tahun 2022, antara peningkatan layanan transaksi dengan mobile reader dan mobile top up pada gerbang tol dengan kepadatan lalu lintas tinggi, penyiapan Tim Tanggap Bencana untuk mengantisipasi kondisi darurat pada titik-titik rawan bencana (banjir, genangan air, dan tanah longsor), serta penghentian seluruh kegiatan perbaikan jalan (tol dan non tol) selambat-lambatnya pada H-10 Idulfitri pada 21 April 2022.

Kementerian PUPR juga memberikan perhatian khusus pada layanan pengguna jalan tol di TIP dengan meningkatkan berbagai fasilitas, di antaranya, area komersial untuk UMKM, toilet bersih, prasarana yang ramah disabilitas, fasilitas ibadah, dan penataan taman.

"Untuk Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area saya instruksikan perlu segera dipasang toilet sementara berupa bilik-bilik toilet, minimal 50 unit untuk pria dan 50 unit untuk wanita agar tidak terjadi antrean di rest area," tutur Basuki.



Selain itu, disiapkan pula Posko Siaga Sapta Taruna Lebaran 2022 yang tersebar di jaringan jalan nasional seluruh Indonesia.

Posko khusus tersebut didirikan oleh Kementerian PUPR sebagai fasilitas beristirahat bagi pemudik yang mengalami kelelahan ataupun sakit dan dilengkapi peta jalur mudik untuk memberikan informasi mengenai jalur alternatif, titik kemacetan, dan pengecekan kesehatan bagi pemudik.

Menteri PUPR juga mengajak kepada para pemudik untuk senantiasa mematuhi semua aturan lalu lintas yang disiapkan Korps Lalu Lintas Polri agar terwujud mudik aman mudik sehat di Lebaran 2022.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)