Arus Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Jamin Infrastruktur Jalan di Jawa dan Sumatera

Kamis, 28 April 2022 - 03:37 WIB
loading...
Arus Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Jamin Infrastruktur Jalan di Jawa dan Sumatera
Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Brebes, Jawa Tengah pada Rabu (13/4/2022) lalu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setelah dua tahun diberlakukan larangan pulang kampung selama pandemi, akhirnya pada 2022 pemerintah menetapkan kebijakan memperbolehkan masyarakat melaksanakan mudik Lebaran. Dukungan prasarana jalan dan jembatan merupakan salah satu faktor lancarnya perjalanan mudik.

"Kelancaran perjalanan mudik ini tergantung pada tiga hal, pertama adalah prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi/manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku pengguna prasarana atau pemudik," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis Rabu (28/4/2022).



Kementerian PUPR telah pula menyiapkan Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif. Total panjang Jalur Pansela di Jateng-DIY 332,91 km dan hingga September 2021 sudah terbangun 165,13 km di Jateng dan 92,81 km di DIY.

Pengerjaan Jalur Pansela saat ini tersisa untuk di Jateng itu 47,4 km dan di DIY 27,57 km. Meski masih ada sisa pekerjaan, Kementerian PUPR memastikan tidak akan menjadi kendala bagi pemudik karena sifatnya tidak buntu dan masih dapat dialihkan dan disambungkan dengan jalan nasional dan kabupaten.

Jalur Mudik Sumatera

Jalur Tol Trans Sumatera akan menjadi salah satu jalur yang dipadati oleh pemudik tahun ini karena merupakan jalur darat utama yang menghubungkan kota-kota yang ada di Pulau Sumatera mulai dari Lampung, Palembang, hingga Aceh.

Saat ini jalan tol Trans Sumatera yang operasional sepanjang 691 kilometer, didukung oleh Tempat Istirahat dan Pelayanan atau TIP di 25 lokasi dengan berbagai fasilitas.

Selain itu untuk mendukung arus mudik difungsikan pula dua ruas tambahan yaitu ruas Bengkulu-Lubuklinggau Seksi Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,8 km dan Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 31 km.

Sedangkan untuk jalan nasional non tol Sumatera saat ini telah beroperasi sepanjang 7.918 kilometer, terdiri dari lintas timur sepanjang 3.019 kilometer, lintas tengah sepanjang 2.338 kilometer, dan lintas barat sepanjang 2.562 kilometer dengan kondisi mantap mencapai lebih dari 93%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)