Memilukan, Berkali-kali Uang Tabungan Nenek Jompo di Sukabumi Hilang Dicuri Maling Bertopeng

Senin, 25 April 2022 - 04:29 WIB
loading...
Memilukan, Berkali-kali Uang Tabungan Nenek Jompo di Sukabumi Hilang Dicuri Maling Bertopeng
Mak Jua, warga Kampung Lebakmuncang, Desa Bojongsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, yang rumahnya rusak dan uang untuk perbaikan rumah dicuri maling. Foto/MPI/Dharmawan Hadi
A A A
SUKABUMI - Kisah memilukan dialami Mak Jua. Wanita lanjut usia (Lansia) yang hidup sebatang kara itu, harus kehilangan uang tabungan yang sedianya ingin dipakainya memperbaiki rumah. Tabungan itu berulang kali hilang diruci, hingga dia tak lagi mampu memperbaiki rumahnya.



Para pencuri begitu tega kepada Mak Jua. Melihat kondisi rumah Mak Jua yang nyaris ambruk, para pencuri itu justru nekad mencuri berbagai peralatan rumah tangga dan uang milik Mak Jua.



Mak Jua menyebut, uang tabungan untuk perbaikan rumahnya hilang berkali-kali diambil oleh pencuri yang memakai topeng. Kejadian ini terungkap saat relawan kemanusiaan di bawah lembaga SKP Indonesia, Kristiawan Saputra mengunjungi rumah Mak Jua.



Rumah reot milik Mak Jua tersebut, berlokasi di Kampung Lebakmuncang, Desa Bojongsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. "Mak Jua ini hidup sebatang kara di rumahnya, dan dia beberapa kali mengalami kehilangan perabotan rumah tangga, padi dan beras, juga uang untuk memperbaiki rumahnya yang sudah ditopang oleh kayu agar tidak ambruk," ujar Kristiawan, Senin (25/4/2022).

Kesedihan Mak Jua, lanjut Kristiawan, terlihat saat dirinya menanyakan jumlah uang yang dicuri berkali-kali. Uang sejumlah Rp610 ribu ditambah Rp250 ribu yang Mak Jua kumpulkan, hilang dicuri oleh maling bertopeng yang melakukan aksinya di siang hari. Kejadian pencurian tidak hanya sekali tetapi berkali-kali, sehingga Mak Jua tidak bisa memperbaiki rumahnya.



"Kondisi rumah panggung Mak Jua sudah memprihatinkan, kebocoran dan ancaman ambruk bisa terjadi kapan saja. Dinding dan atap yang terbuat dari bilik bambu sudah rapuh dimakan usia, hal tersebut semaki parah ketika hujan datang, air yang masuk ke dalam rumah mempercepat perapuhan kayu dan bilik bambu yang ada di rumah Mak Jua," kata Kristiawan.

Saat ini Mak Jua tidak bisa berbuat apa-apa lagi, uang yang dikumpulkan untuk memperbaiki rumahnya telah hilang, ia hanya bisa bersedih di kala keinginan untuk memperbaiki rumahnya harus sirna karena pencuri bertopeng yang selalu mencuri barang-barang yang ada di dalam rumahnya.

Di sisi lain, rumahnya yang semakin rapuh pun harus diperbaiki secepatnya agar tidak terjadi ambruk. Untuk itu, Kristiawan mengentuk hati para dermawan ataupun donatur yang akan membantu Mak Jua memperbaiki rumahnya dapat langsung datang ke lokasi tempat tinggalnya, atau pun menitipkan kepadanya untuk disalurkan ke Mak Jua.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)