Dampak Corona, 1,6 Juta Orang Terancam Kena PHK

Senin, 13 April 2020 - 19:56 WIB
loading...
Dampak Corona, 1,6 Juta Orang Terancam Kena PHK
Setidaknya 1,6 juta orang terkena PHK atau dirumahkan akibat tertekannya sektor usaha oleh pandemi corona di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dampak pandemi Corona memang mulai terasa berbagai kalangan masyarakat, diantaranya pekerja. Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid -19 Doni Monardo mengungkapkan, jutaan warga sudah tidak bekerja akibat dampak pandemi corona. Menurutnya, jutaan orang itu sebagian terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan terpaksa dirumahkan akibat banyak sektor usaha yang tertekan.

"Dari beberapa laporan para menteri, sekitar 1,6 juta orang kena PHK," ujar Doni dalam konferensi pers seusai rapat terbatas via teleconference bersama Presiden Widodo hari ini, Senin (13/4/2020).

Untuk itu, lanjut Doni, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran menteri untuk mempercepat penyaluran insentif program Kartu Prakerja kepada warga yang terkena PHK dan dirumahkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Selain itu, seluruh bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 harus mulai disalurkan pada pekan ini. Bansos itu antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai, Kartu Sembako.

"Dimulai juga pekan ini program jaring pengaman sosial, sehingga masyarakat terdampak, terutama di Jabodetabek mendapat dukungan terutama sembako dari Kementerian Sosial," ujar Doni

Tak hanya bagi warga yang tinggal di Indonesia, Doni menambahkan, Presiden juga meminta agar TKI yang berada di Malaysia dijamin kebutuhannya.(Baca juga: Imbas Corona, 1,6 Juta Orang Kena PHK )

"Termasuk TKI kita yang ada di Malaysia, telah diperintahkan Presiden untuk segera diperhatikan terus menerus sehingga mereka tidak kekurangan bahan makanan," jelasnya.
(nof)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)