Cari Istrinya yang Hilang, 2 Pengungsi Rohingya di Pekanbaru Malah Terjaring Razia BNN

Jum'at, 22 April 2022 - 15:08 WIB
loading...
Cari Istrinya yang Hilang, 2 Pengungsi Rohingya di Pekanbaru Malah Terjaring Razia BNN
Dua Pengungsi Rohingya terpisah dengan istrinya terjaring razia BNN. Foto: Banda/SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Dua warga Rohingya, Myanmar, terjaring razia Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau. Keduanya terdiri dari Mhd. Shobi Bin Abdul Shukur dan Azimullah Korimullah.

Mhd Shobi tercatat sebagai warga Myanmar dengan Nomor Identitas Pengungsi : UNHCR 354-13C13410. Selanjutnya adalah Azimullah Korimullah dengan Nomor ID Pengungsinya UNHCR : 170-17C01362.

"Mereka diamankan di daerah Kualu, Kabupaten Kampar," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu, Jumat (22/4/2022).



Berdasarkan keterangan dari keduanya, bahwa saat di Kualu, mereka sedang mencari istrinya. Di mana istri mereka merupakan pengungsi di bawah naungan UNHCR, organisasi internasional yang mengurusi tentang pengungsian.

"Posisi istrinya masih berada di Bireun, Aceh. Jadi mereka menunggu di sini, karena ada kabar pengungsi Rohingya akan dipindah ke Pekanbaru," tuturnya.

Pihak BNN pun menghubungi pihak imigrasi, karena keduanya merupakan warga asing. Pihak imigrasi menjemput mereka.

"Keduanya melanggar Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) dan ditempatkan di Rudenim Pekanbaru, karena pelanggaran UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Pasal 113. WNA tersebut masuk ke Indonesia tidak melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi," tegasnya.



Selanjutnya pihak imigrasi menyerahkan ke pihak Rudenim (Rumah Detensi Imigrasi) Pekanbaru.

"Petugas kita minta melakukan cek kesehatan terhadap kedua WNA tersebut, melakukan penggeledahan, registrasi 2P1 berupa pengambilan data identitas, foto, sidik jari dan pendentensian," tandasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)