Sidak Pasar Jelang Lebaran, Ganjar Pastikan Stok Sembako Aman

Jum'at, 22 April 2022 - 14:20 WIB
loading...
Sidak Pasar Jelang Lebaran, Ganjar Pastikan Stok Sembako Aman
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak ketersediaan stok dan harga kebutuhan pokok di Pasar Wage, Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (22/4/2022) pagi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PURWOKERTO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak ketersediaan stok dan harga kebutuhan pokok di Pasar Wage, Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Dari sidak pada Jumat (22/4/2022) pagi, Ganjar mendapati sejumlah temuan.

Di antaranya suplai minyak goreng curah dari distributor dan agen sudah lancar namun masih dijatah. Sejumlah harga kebutuhan pokok juga mengalami kenaikan. Harga minyak goreng curah sudah relatif mendekati harga eceran tertinggi (HET), yakni di kisaran harga Rp17.000-18.000 per kg.

"Saya lihat yang jadi problem minyak relatif sudah mulai terpenuhi, apalagi yang curah. Meskipun pembatasan kepada para pedagang kulakan, ya itu cara kontrol menurut saya bagus," kata Ganjar usai sidak, Jumat (22/4/2022).

Untuk kebutuhan pokok, Ganjar menyampaikan, persediaan dan harganya juga aman. Dalam tinjauannya, Ganjar mendapati hanya harga daging sapi naik cukup signifikan sekitar Rp20.000.

Adapun harga cabai turun. Penurunan harga cabai terjadi karena panen dari petani lumayan banyak.

Secara keseluruhan, Ganjar menjelaskan, harga kebutuhan pasar di Jawa Tengah ada naik dan turun. Namun yang terpenting stoknya ada di pasar.

"Ada beberapa tempat yang naik dan ada yang turun terkait dengan suplai. Maka nanti kita akan pastikan, yang penting suplainya ada dulu. Kalau kita liat dari kebutuhan sih semua ada barangnya. Tinggal harganya saja," jelasnya.

Sidak pasar akan terus dilakukan Ganjar untuk menjamin stok kebutuhan pokok di pasar aman. Selain itu, untuk menjamin harga kebutuhan pokok tetap stabil.

Yatno, salah satu pedagang bumbu dapur di Pasar Wage mengatakan, hanya bawang merah yang mengalami kenaikan. "Hari ini sih paling yang naik bawang merah Rp2.000. Dari Rp32.000-34.000 sekarang. Yang lain sih aman," ujar Yatno.

Sarni, penjual daging sapi mengatakan, harga daging sapi naik menjadi Rp150.000-160.000 per kg. "Jadi yang mau beli hari ini berkurang," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)