Kasat Narkoba Polres Binjai Dicopot Gegara Seorang Pemuda Diduga Dijebak Narkoba

Rabu, 20 April 2022 - 20:38 WIB
loading...
Kasat Narkoba Polres Binjai Dicopot Gegara Seorang Pemuda Diduga Dijebak Narkoba
Video dugaan anggota Satnarkoba Polres Binjai, Sumatera Utara menjebak seorang pemuda terkait narkoba menyebabkan Kasat Narkoba Polres Binjai, AKP Firman Imanuel Peranginangin dicopot. Foto/iNews TV/Aminoer Rasyid
A A A
BINJAI - Video dengan narasi dugaan anggota Satnarkoba Polres Binjai, Sumatera Utara menjebak seorang pemuda terkait narkoba yang viral di media sosial (medsos) beberapa waktu lalu berbuntut panjang.

Polda Sumatera Utara (Sumut) mencopot Kasat Narkoba Polres Binjai, AKP Firman Imanuel Peranginangin dari jabatannya untuk menjalani pemeriksaan di Bid Propam.

Baca juga: Dugem Terekam Video, Kasat Narkoba Polres Pematang Siantar Dicopot

Pencopotan ini didasarkan kurangnya pengawasan dari pimpinan terhadap anggotanya di lapangan.

Dalam video rekaman CCTV terlihat dua petugas Satnarkoba Polres Binjai menangkap seorang pemuda di sebuah warung internet Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kota Binjai, Sumut beberapa waktu lalu.

Video penangkapan pemuda tersebut kemudian viral di media sosial.

Dalam rekaman video CCTV tersebut, seorang pemuda mengenakan kaus biru yang diduga memberi narkoba dibiarkan kabur dan tidak ikut ditangkap oleh petugas kepolisian.

Baca juga: Kasat Reskrim Polres Boyolali Dicopot atas Dugaan Pelanggaran Etika Polri

Video itu pun viral dan mendapat beragam respons dari netizen terkait adanya dugaan jebak atau dugaan tebang pilih penangkapan kasus narkoba.

Belakangan diketahui diduga dua anggota Satnarkoba Polres Binjai yang diduga menjebak seorang pemuda berinisial RN sebagai pelaku narkoba diperiksa Bid Propam Polda Sumut.

Atas viralnya video tersebut hingga akhirnya mendapat respons, pimpinan Polda Sumut telah melakukan serangkaian analisis dan pemeriksaan.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengambil langkah tegas dengan mencopot Kasat Narkoba Polres Binjai Firman Imanuel Peranginangin dari jabatannya karena dianggap kurangnya pengawasan terhadap anggotanya di lapangan. Posisi Kasat Narkoba Polres Binjai kini digantikan oleh AKP Irvan Rinaldi Pane.



Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Wahyudi mengatakan, pencopotan Kasat Narkoba Polres Binjai merupakan sebagai wujud pertanggungjawaban seorang pimpinan.

"Karena lemahnya pengawasan terhadap dua anggotanya yang diduga menjebak seseorang dengan memanfaatkan orang lain," katanya.

Sementara itu, dua bintara anggota Satnarkoba Polres Binjai yang terekam CCTV tersebut juga sedang dilakukan pemeriksaan di Bid Propam Polda Sumut.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1825 seconds (11.210#12.26)