Diprediksi 16,8 Juta Orang Mudik Lebaran ke Jawa Timur

Rabu, 20 April 2022 - 07:38 WIB
loading...
Diprediksi 16,8 Juta Orang Mudik Lebaran ke Jawa Timur
Mudik lebaran tahun ini, diprediksi ada sebanyak 16,8 juta orang yang menuju ke Jawa Timur. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Jumlah pemudik yang menuju Jawa Timur, pada lebaran tahun ini diperkirakan akan tinggi. Hal itu juga telah diprediksi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dia menyebut angka 16,8 juta orang, yang akan melakukan perjalanan mudik di Jawa Timur.

Baca juga: Angkasa Pura II Prediksi Lonjakan Pemudik 28-30 April 2022

Khofifah menyampaikan prediksi tersebut, saat Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Semeru 2022 di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (19/4/2022). Khofifah mengatakan, awalnya dia memperkirakan ada 14,6 juta orang yang akan mudik ke Jatim. Tapi setelah swab antigen itu dibebaskan, ternyata estimasinya meningkat menjadi 16,8 juta orang.



"Jadi ada tambahan 2,2 juta warga yang kemungkinan akan melakukan perjalanan mudik ke Jatim," katanya. Untuk itu, orang nomor satu di Jatim itu mengingatkan semuanya harus dibangun kewaspadaan. Antara lain, layanan kesehatan yang harus disiapkan berbagai pihak, tak hanya Pemerintah Provinsi Jatim, namun juga Kodam V/Brawijaya dan Polda Jatim.

Baca juga: Mencekam! Tengah Malam Massa Kepung Rumah Dinas Sekda Pamekasan Tuntut Penundaan Pilkades

"Seluruh layanan kesehatan harus siaga. Kemudian tim armada dari Kodam juga di standby-kan, dan tentu semua pihak bersinergi untuk melakukan persiapan semaksimal mungkin," kata Lhofifah.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol. Latif Usman memperkirakan, mobil penumpang atau mobil pribadi akan mendominasi arus mudik kali ini. Biasanya, pemudik yang menggunakan moda transportasi ini melakukan perjalanan jauh. Seperti dari Jakarta dan sekitarnya. Sepeda motor juga akan menjadi kendaraan yang banyak dipakai masyarakat untuk mudik.

Baca juga: Terlanjur Lepas Daster Bersama Selingkuhan, Emak-emak Ini Meronta saat Diringkus Satpol PP

Namun, biasanya ini hanya untuk pemudik jarak dekat seperti dari Surabaya, ke Lamongan. "Agar perjalanan mudik aman dan nyaman, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua atau empat wajib betul-betul mempersiapkan fisik maupun teknis," ujarnya.

Dia juga mengimbau agar pemudik yang melakukan perjalanan jauh, mengetahui medan dan jarak tempuh lokasi mudik yang dituju. Untuk itu, kepada para pemudik nantinya bisa memanfaatkan rest area yang ada. Beberapa fasilitas telah disiapkan di rest area juga tengah dipersiapkan untuk istirahat, bahkan pengendara bisa tidur disitu. "Kalau kita telah mempersiapkan diri dan kendaraan, kita akan selamat sampai tujuan," terangnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1858 seconds (10.55#12.26)