109 Bendera Negara Dunia Berkibar di Museum Asia Afrika Bandung

Senin, 18 April 2022 - 17:30 WIB
loading...
109 Bendera Negara Dunia Berkibar di Museum Asia Afrika Bandung
Pengibaran bendera negara-negara dunia di sekitar Museum Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (18/4/2022).
A A A
BANDUNG - Sebanyak 109 bendera dari berbagai negara di dunia dikibarkan di kawasan Museum Asia Afrika, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (18/4/2022). Pengibaran bendera ini menandai dimulainya peringatan 67 Tahun KAA.

Bendera dikibarkan di sekeliling kompleks Gedung Merdeka-Museum KAA juga 1 bendera PBB. Penaikan bendera itu melibatkan lebih dari 300 anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung. Keterlibatan Pramuka KAA kali ini adalah kali pertama dalam tradisi pengibaran bendera di Museum KAA pasca pandemi. Pasalnya, tradisi tahunan ini sempat terhenti lantaran menghindari kerumunan massa selama pandemi.

Baca juga: Peringatan Konferensi Asia Afrika, Merawat Sejarah Perdamaian Dunia

Bertindak sebagai Pembina Upacara ialah Duta Besar Teguh Wardoyo, dan upacara turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E., mewakili Gubernur Jawa Barat.

“Jadi, ini pengibaran bendera perdana bagi Pramuka pasca pandemi. Tahun lalu, staf museum sendiri yang mengibarkannya," jelas Kepala Museum KAA, Dahlia Kusuma Dewi dalam keterangan resminya.

Untuk mengantisipasi kerumunan, pihaknya sengaja menyediakan siaran pengibaran secara daring melalui platform zoom dan kanal YouTube @asiafricamuseum.

?Pengibaran bendera lantas disusul acara sosialisasi Sejarah dan Nilai-nilai KAA. Acara ini bertujuan sebagai refleksi terhadap sejarah KAA. Acara yang digelar di Ruang Utama Gedung Merdeka itu selain membatasi jumlah peserta yang hadir secara fisik, durasinya juga cukup singkat.

Pengibaran Bendera akan berlangsung selama sepekan. Pada Minggu (24/4/2022) petang bendera akan diturunkan kembali oleh anggota Pramuka.

Baca juga: Rombongan Grup Musik Debu Kecelakaan di Tol Probolinggo 2 Tewas, 4 Luka

Dalam pelaksanaan Peringatan KAA tahun ini Museum KAA telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bandung. Protokol kesehatan ketat turut pula diterapkan, dan sebagian besar acara masih akan berkonsep hybrid. Terdapat sejumlah rangkaian kegiatan dalam Peringatan 67 Tahun KAA kali ini yang akan berlangsung sejak April hingga Juni 2022.

Selain Pengibaran Bendera, di Bulan April juga akan ada acara Jamuan Teh Petang bersama Saksi Sejarah KAA 1955 serta Peluncuran Prangko Peringatan 67 Tahun KAA.

Di bulan Mei, Museum KAA juga akan menghadirkan acara Asian-African Friendship Day: International Students Gathering, dan donor darah.

Setelah itu, di bulan Juni akan digelar pula peluncuran komik dan maskot Museum KAA, konser Sahabat Museum KAA, dan tentunya event tahunan lomba edukasi sejarah Bandung Historical Study Games.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)