Binda Papua Gelar Vaksinasi Usai Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Aqso Sentani

Minggu, 17 April 2022 - 23:11 WIB
loading...
Binda Papua Gelar Vaksinasi Usai Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Aqso Sentani
Binda Papua kembali melakukan vaksinasi massal di masjid-masjid di Papua selama Ramadhan. Di antaranya digelar di Masjid Raya Al-Aqso Sentani, Jayapura. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi Papua kembali melakukan vaksinasi massal di masjid-masjid di Papua selama Ramadhan. Di antaranya digelar di Masjid Raya Al-Aqso Sentani, Kabupaten Jayapura.

Vaksinasi yang digelar setelah sholat tarawih ini menyediakan semua tahapan vaksin, baik tahap pertama, kedua hingga ketiga atau booster.



Vaksin booster sebelumnya rutin diselenggarakan di Puskesmas dan sejumlah fasilitas publik termasuk pusat perbelanjaan. Namun selama Ramadhan, Binda Papua menggelar vaksinasi booster di masjid setelah ibadah sholat tarawih.

Kabag Ops Binda Papua, Kolonel Inf Rachmad PS yang menjadi koordinator vaksinasi mengatakan, untuk mengejar capaian vaksinasi di wilayah Papua maka dilakukan sejumlah terobosan dan inovasi.

"Salah satunya kegiatan vaksinasi di masjid-masjid sehingga di bulan puasa kita layani masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi booster. Binda Papua melaksanakan vaksinasi di masjid bagi masyarakat yang selesai sholat taraweh dan beberapa hari lalu sudah kita laksanakan. Yang pertama di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura," ujar Rachmad, Minggu (17/4/2022)

Dia menjelaskan, saat ini capaian vaksinasi di Provinsi Papua masih kurang, utamanya booster. Sehingga pihaknya bekerjasama dengan satuan kesehatan baik dari Kesdam XVII Cenderawasih, Biddokkes Polda Papua maupun Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk menggelar vaksinasi massal termasuk di masjid-masjid selama bulan Ramadhan.



"Kita melaksanakan apa yang dimandatkan pemerintah untuk terget 70 persen seperti daerah lain di Indonesia. Jadi kita kejar target itu, baik pagi siang atau malam. Harapan kita, masyarakat juga terlayani untuk mendapatkan vaksinasi. Kita melayani semua tahapan, baik pertama, kedua maupun booster," ucapnya.

"Untuk mencapai target booster, selama bulan suci Ramadhan setidaknya ada 5-10 masjid yang akan diadakan vaksinasi yang dilakukan setelah ibadah sholat tarawih," jelas Rachmad.

Diketahui kegiatan vaksinasi di Masjid Al-Aqso Sentani, sebanyak 181 orang mendapatkan vaksin satu, dua maupun booster. Masyarakat yang mendapatkan vaksinasi juga beragam mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu dan lansia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)