Total Potensi Zakat di Jatim Mencapai Rp487 Miliar Setahun

Sabtu, 16 April 2022 - 11:21 WIB
loading...
Total Potensi Zakat di Jatim Mencapai Rp487 Miliar Setahun
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Potensi zakat se Jawa Timur (Jatim) dalam setahun diperkirakan mencapai Rp487 miliar. Zakat ini terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang jumlahnya 458.197 orang dan juga perusahaan daerah dan BUMD.

Ketua Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Jatim KH M Roziqi mengatakan, zakat, infaq dan sodaqoh yang berhasil dikumpulkan Baznas provinsi maupun Baznas kabupaten/kota di Jatim pada tahun 2021 mencapai Rp122 miliar atau baru 25 persen. "Kemudian target pengumpulan untuk zakat, infaq dan shodaqoh Baznas Jatim tahun ini diharapkan bisa mencapai Rp188 miliar atau naik 38,5 persen," katanya, Sabtu (16/4/2022).

Baca juga: Gubernur Khofifah Imbau Pemudik Waspadai Daerah Rawan Longsor dan Banjir

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama Islam, baik di lingkungan Pemprov Jatim maupun pemerintah kabupaten/kota untuk bisa segera menunaikan zakat. Salah satunya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Hal ini agar penyaluran zakat benar-benar tepat sasaran dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Serta bisa ditasarufkan atau disalurkan bagi masyarakat sesuai dengan delapan golongan penerima zakat,” kata Khofifah, Sabtu (16/4/2022).

Saat ini, kata dia, Baznas baik pusat maupun Jatim sedang mengembangkan zakat produktif. Zakat produktif ini juga telah disalurkan kepada para pelaku usaha mikro dan ultra mikro di berbagai kabupaten/kota di Jatim.

“Selain zakat produktif bagi pelaku usaha ultra mikro, juga ada training terutama bagi para pelaku usaha yang baru. Sehingga kalau ada UMKM naik kelas maka SDM-nya juga harus disiapkan melalui berbagai pelatihan. Kami harap zakat produktif bisa meneteskan kesejahteraan bagi sesama pelaku usaha mikro dan ultra mikro,” katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0935 seconds (0.1#10.140)