Gubernur Khofifah Imbau Pemudik Waspadai Daerah Rawan Longsor dan Banjir

Sabtu, 16 April 2022 - 09:51 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Imbau Pemudik Waspadai Daerah Rawan Longsor dan Banjir
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengimbau pemudik untuk mewaspadai daerah-daerah di Jatim yang rawan longsor dan banjir Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengimbau pemudik untuk mewaspadai daerah-daerah di Jatim yang rawan longsor dan banjir. Orang nomor satu di Jatim itu sudah meminta dinas terkait untuk memasang rambu-rambu peringatan di daerah yang rawan longsor.

Untuk daerah rawan banjir antara lain, di wilayah perbatasan Kota Bojonegoro-Pajeng di Kabupaten Bojonegoro, Pakah-Ponco di Kabupaten Tuban, Arjosari-Purwantoro di Kabupaten Pacitan, batas Kabupaten Situbondo dan batas Kota Bondowoso, Jalan Trunojoyo di Kabupaten Ponorogo, Jalan Imam Bonjol dan Sampang-Omben di Kabupaten Sampang.



Sedangkan untuk lokasi rawan longsor, di antaranya bisa terjadi di wilayah Babat sampai batas Kabupaten Jombang, Jalan Raya Cangar dan Jalan Trunojoyo di Kota Batu, batas Kota Magetan-Cemorosewu Kabupaten Magetan, Arjosari-Purwantoro di Kabupaten Pacitan.

Dengan letak geografis Jawa Timur yang memiliki banyak pegunungan dan dataran tinggi, terdapat wilayah yang rawan terjadi longsor. Seperti di Pacitan, Ponorogo, Pasuruan, Bondowoso dan Situbondo," katanya, Jumat (15/4/2022).

Khofifah menambahkan, saat ini di jalan provinsi juga ada satu jembatan yang rusak dan tidak bisa dilewati yakni Jembatan Kutorejo. Jembatan ini menghubungkan Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Nganjuk. Rusaknya jembatan ini akhirnya mengakibatkan terputusnya akses jalan provinsi.

Namun demikian, bagi masyarakat yang ingin melewati jalan ini saat mudik lebaran nanti, tidak perlu khawatir karena Dinas PU Bina Marga Jatim akan memasang Jembatan Bailey. Pada saat lebaran nanti, Jembatan Bailey sudah bisa dilewati namun tidak untuk kendaraan berat seperti truk. Kendaraan berat akan diarahkan ke jalan alternatif, tukasnya.

Selain itu, lanjut Khofifah, selama masa lebaran 2022 Pemprov Jatim juga membuka Posko Lebaran Jalan Provinsi diberbagai titik. Posko-posko itu berdiri disemua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bina Marga dengan ada penanggungjawab masing-masing daerah. UPT Bina Marga itu tersebar di Bojonegoro, Madiun, Pacitan, Mojokerto, Kediri, Surabaya, Malang, Pamekasan, Probolinggo, Banyuwangi dan Jember.

Di setiap posko juga disiapkan alat berat yang siap digunakan 24 jam. Seperti wheel loader, bulldozer, dump truk, gergaji mesin, tandem roller 2ton dan alat berat lainnya.

"Semoga mudik lebaran nanti lancar, aman, sehat, selamat, dan tertib. Dan yang tidak kalah pentingnya, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan dan sudah vaksin booser," pungkas Khofifah.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)