Diduga Provokator, Polisi Tangkap 8 Pemuda Peserta Demo

Selasa, 12 April 2022 - 01:01 WIB
loading...
Diduga Provokator, Polisi Tangkap 8 Pemuda Peserta Demo
Polrestabes Palembang menangkap delapan orang yang diduga menjadi provokator pada aksi demonstrasi ribuan mahasiswa di Simpang Lima DPRD Sumsel yang berakhir dengan kericuhan, Senin (11/4/2022). Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Polrestabes Palembang menangkap delapan orang yang diduga menjadi provokator pada aksi demonstrasi ribuan mahasiswa di Simpang Lima DPRD Sumsel yang berakhir dengan kericuhan, Senin (11/4/2022).

Dari pantauan, demo mahasiswa tersebut diduga dimanfaatkan para provokasi untuk mengambil celah dan membuat keributan. Hingga akhirnya, aparat gabungan terpaksa memukul mundur massa sampai ke Jalan Radial. Setelah negosiasi panjang, akhirnya massa membubarkan diri dan mahasiswa yang diamankan oleh aparat polisi telah dikembalikan. Baca juga: Polisi Sebut Ada Indikasi Pelajar Dibayar untuk Ikut Demo 11 April



Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan bahwa anggotanya berhasil mengamankan jalannya demo yang terjadi di area DPRD Sumsel. "Demo hari ini berjalan dengan kondusif, aman dan tertib, serta semuanya dapat di komunikasikan dengan baik, meskipun tadi ada sedikit gesekan," ujar Ngajib.

Ngajib menjelaskan bahwa pihaknya juga mengamankan sejumlah pemuda yang diduga menjadi provokasi dalam aksi ini. Nantinya, para pemuda tersebut akan diperiksa lebih lanjut.

"Terlepas dari itu, semuanya dapat berjalan dengan kondusif. Kita mencatat secara total anggota gabungan ada sekitar 1.805 personel," jelasnya. Baca juga: Ade Armando Dikeroyok Massa, Nurul Arifin Minta Pelaku Diadili

Untuk diketahui, ribuan mahasiswa yang tergabung dari Aliansi BEM se-Sumsel bersama Aliansi Cipayung menggelar aksi penolakan wacana presiden tiga periode. Aksi tersebut berubah menjadi ricuh hingga terjadi blokade jalan Simpang Lima DPRD Sumsel.

Aksi blokade jalan ini disebabkan dugaan adanya kriminalisasi oleh aparat kepolisian saat mengamankan jalannya unjuk rasa. Ribuan mahasiswa ini memblokade jalan dengan cara duduk ditengah-tengah jalan sembari kembali menyemangati rekan yang ada di dalam aksi.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1561 seconds (11.252#12.26)