Melawat ke Medan, Ganjar Napak Tilas Bung Karno di Istana Maimun

Kamis, 07 April 2022 - 22:13 WIB
loading...
Melawat ke Medan, Ganjar Napak Tilas Bung Karno di Istana Maimun
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Istana Maimun di Jalan Brigjen Katamso Medan, Sumatera Utara. (Ist)
A A A
MEDAN - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Istana Maimun di Jalan Brigjen Katamso Medan, Sumatera Utara. Ganjar berkeliling di tempat bersejarah yang pernah dikunjungi mantan Presiden RI ke-1 Bung Karno dan mantan Presiden RI ke-2 Soeharto.

“Ternyata Bung Karno pernah ke sini, terus beberapa presiden juga pernah ke sini. Tadi ditunjukkan beberapa fotonya ketika kunjungan, dan bagaimana setiap presiden saat itu selalu berkomunikasi dengan raja-raja daerah. Itu bagus sekali," kata Ganjar dalam keterangannya, Kamis (7/4/2022).

Istana Maimun menjadi ikon bersejarah Kota Medan menyimpan berbagai kisah bersejarah dari zaman masuknya peradaban Islam, penjajahan Belanda, hingga kemerdekaan.

Salah satu yang bersejarah di Istana Maimun adalahMeriam Puntung, yang menjadi saksi bisu lahirnya cikal bakal Kerajaan Islam Kesultanan Deli di Kota Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan ini, Ganjar mengatakan Istana Maimun sebagai salah satu heritage harus dijaga kelestariannya. Maka dari itu, Ganjar mendorong agar Istana Maimun direvitalisasi. Baca: Berulah di Bali, 6 Bule Dijebloskan ke Sel Rudenim.

"Bangunannya sebagai suatu heritage masih bagus sekali, memang rasanya butuh untuk direvitalisasi. Pak Walikota (Medan) Bobby Nasution katanya sudah siap merevitalisasi, saya kira ini tempat yang sangat bagus," ujar Ganjar.

Usai melihat-lihat sekeliling Istana Maimun, Ganjar menyempatkan membeli salah satu kopyah tenun asli buatan istana.

"Kalau hal-hal yang terkait dengan nilai-nilai yang masih ada keseniannya, kerajinannya seperti kopyahnya ini bisa diproduksi, masyarakat bisa mengakses, ini akan menarik," tutur Ganjar.

"Ini terlihat juga dari baju adatnya, kain-kainnya, dibuat dengan teknik yang tinggi, menggunakan skill khusus," sambung Ganjar.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3474 seconds (0.1#10.140)